Kecepatan Motor Masalah Utama Yamaha | Koran Sindo

  • Whatsapp
Kecepatan Motor Masalah Utama Yamaha | Koran Sindo
Kecepatan Motor Masalah Utama Yamaha | Koran Sindo

Edisi 10-06-2019
Kecepatan Motor Masalah Utama Yamaha

Muat Lebih




LESMO– Tim Monster Energy Yamaha dinilai sudah tidak akan bisa bersaing dengan para rivalnya di MotoGP 2019.

Hal tersebut setelah melihat hasil buruk yang didapatkan dua pembalanya di GP Italia pada 2 Juni lalu. Tim asal Jepang itu tidak memberikan motor terbaik untuk para pembalapnya, Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Mugel lo.

Ketika itu, keduanya tidak bisa memberikan perlawanan kepada rivalnya di barisan depan, yaitu pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez, duo riderMission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petruci, serta pembalap Suzuki, Alex Rins.

Parahnya, Rossi tidak mam pu menyelesaikan balapan akibat terjatuh saat balap an memasuki lapke tujuh. Sedangkan Vinales sebenarnya mendapatkan hasil lebih baik dengan me nempati posisi enam.

Namun, capaian itu dinilai buruk. Sebab dia kalah dari pembalap tim satelit Hon da asal Jepang Takaaki Naka ga mi yang ber ada di posisi kelima. Kondisi ini tentu menimbulkan banyak spekulasi bahwa Yamaha dinilai sudah kalah telak dengan kompatriotnya, Honda dan Ducati.

Hal itu jelas sangat berbanding jauh ketika saat melakukan pramusim MotoGP 2019. Ketika itu, Rossi dan Vinales sempat digadang-gadang akan mengancam Marquez di setiap balapan pada tahun ini.

Mantan pembalap Moto – GP asal Spanyol, Alex Criville, sangat yakin ada banyak masalah yang membuat Yamaha gagal dan belum menda patkan komposisi motor dengan baik pada musim ini.

Tim tersebut terus mengalami kesulitan untuk bersaing, bahkan tidak mampu mendekati level Ducati dan Honda pada fase awal MotoGP 2019. Criville memang tidak menge tahui apa yang terjadi di Yamaha, tapi dia mengatakan bahwa potensi dari sumber daya pembalap tidak kurang.

Dia menilai, masalah kecepatan dari motor Yamaha YZRM1 menjadi kendala utama ba gi dua rider-nya tidak bisa men jalani balapan dengan baik, termasuk saat balapan di Mugello. “Saya tidak tahu apa yang terjadi di Yamaha karena mereka memiliki pembalap yang sangat baik seperti Maverick (Vinales) atau Rossi.

Ada yang salah dengan Yamaha yang belum ditemukan. Kami melihat di Mugello bahwa mereka tidak memiliki kecepatan tertinggi, dan dia menjadi yang tercepat antara motor Aprillia serta KTM. ini yang harusnya segera diselesaikan,” ungkap juara dunia MotoGP 1999 itu. Bukan hanya itu, Vinales juga merasakan hal sama.

Dia mengakui motor YZR-M1 belum juga mengalami kemajuan, khususnya dalam masalah kecepatan. Hal itu dirasakan Vinales saat mengaspal di Mugello.

Rider berusia 24 tahun ini sempat dijagokan bersaing untuk podium justru terlempar dari lima besar di akhir balapan. Vinales pun mengatakan ketidakmampuan dirinya meraih hasil positif karena performa motor Yamaha yang ma sih sulit bersaing dengan motor pabrikan lain, seperti Suzuki, Honda, hingga Ducati.

“Performa motor jelas perlu ditingkatkan sehingga bisa mencapai tingkat tinggi. Lawan kita telah membuat langkah lebih besar. Saya sedang menunggu perbaikan,” ungkapnya.

raikhul amar

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait