Jokowi ingin pastikan Mandalika siap gelar Moto GP 2021

  • Whatsapp
Jokowi ingin pastikan Mandalika siap gelar Moto GP 2021

Muat Lebih

Loading...


MONITOR, Mandalika, NTB – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan persiapan penyelenggaraan balap motor dunia MotoGP di KEK Pariwisata Mandalika atau The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jum’at (17/5/2019).

Jokowi mengatakan kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus tersebut dalam rangka memastikan kesiapan Mandalika dalam menggelar event balapan Moto GP 2021 mendatang.

“Berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika di Lombok, NTB, Jumat. Hotelnya sudah tujuh yang bisa disewa, tiga sedang dibangun,” tulis Jokowi melalui akun twiter pribadinya @jokowi pada Sabtu (18/5/2019).

“Saya juga ingin memastikan bahwa Mandalika siap untuk menggelar MotoGP 2021. Ini upaya kita menggerakkan perekonomian wilayah sekitar,” tambahnya.

Sebelumnya, pada pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Manajemen DORNA pada 11 Maret lalu, Pemerintah Indonesia menyampaikan komitmen untuk mendukung persiapan infrastruktur penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2021, melalui penyiapan akses jalan langsung dari Bandara International Lombok ke The Mandalika, perpanjangan lintasan pesawat (runway) di Bandara Internasional Lombok (BIL), pengembangan pelabuhan Gili Mas menjadi cruise terminal, serta infrastruktur di sekitar kawasan.

Terkait persiapan pembangunan street circuit Mandalika, saat ini, sudah dilaksanakan sejumlah kegiatan antara lain survey lokasi, topografi, pemasangan pagar, land clearing serta penyusunan design sirkuit/homologasi. Setelah proses homologasi selesai, kemudian akan dilanjutkan dengan proses penyusunan DED (Detailed Engineering Design).

Pembangunan badan jalan sendiri ditargetkan dapat dimulai pada Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada Triwulan II 2020, kemudian Vinci Construction Grand Projects (VCGP), investor Kompleks Street Circuit Mandalika, akan melanjutkan penyelesaian street circuit, sehingga bisa digunakan pada 2021.

Sebagai informasi, The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 the Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait