Tak Dapat Wild Card, Lee Chong Wei Terancam Tak Ikut Kejuaraan Dunia Tahun Ini

  • Whatsapp

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei terancam absen di Kejuaraan Dunia 2019 di Basel, Swiss pada 19-25 Agustus mendatang. Periode kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia berakhir pada 30 April lalu dan Chong Wei yang kini berusia 36 tahun, tidak akan turun karena peringkatnya merosot ke posisi 115 dunia setelah lama absen karena kanker hidung stadium awal.

Suatu negara hanya dapat mengirim maksimal dua pemain jika keduanya berada di peringkat 150 besar dunia. Lee Zii Jia dan Daren Liew masing-masing berada di peringkat 21 dan 24 dunia, otomatis masuk kualifikasi berdasarkan prestasi.

Chong Wei memang memiliki peringkat dunia yang dilindungi di posisi 3 dunia hingga 14 Agustus, tetapi itu hanya berlaku untuk turnamen World Tour.

“Jika seorang pemain memenuhi syarat untuk berpartisipasi berdasarkan rangking, dan peringkat yang dilindungi ini hanya berlaku untuk masuk dalam turnamen BWF World Tour,” bunyi pernyataan BWF.

Dan BWF juga telah mengkonfirmasi bahwa tidak akan ada Wild Card yang dikeluarkan untuk Kejuaraan Dunia di Basel.

“BWF telah memutuskan untuk tidak memberikan Wild Card untuk BWF World Championships 2019 di Basel, Swiss,” tambah pernyataan itu.

BWF sebelumnya memberikan juara Olimpiade dua kali, Lin Dan, Wild Card untuk dimainkan di edisi 2013 di Guangzhou, China dan ia kemudian mengklaim gelar juara dunia kelimanya dengan mengalahkan Chong Wei 21-16, 13-21 dan 20-17.

Pada tahun 2017, juara Olimpiade Rio Chen Long juga menerima Wild Card untuk bermain di Glasgow dan memenangkan medali perunggu.

Namun masih ada secercah harapan bagi Chong Wei untuk bisa tampil di Kejuaraan Dunia. Artinya, jika Federasi Badminton Malaysia (BAM) melakukan langkah dengan memasukan Chong Wei dengan mengorbankan Zii Jia atau Daren Liew. Federasi nasional memiliki hak prerogatif untuk memutuskan siapa yang ingin mereka kirim. Itu terjadi sekali pada tahun 2015 lalu ketika BAM menyingkirkan Chong Wei Feng untuk mengakomodasi Chong Wei meskipun Wei Feng memenuhi syarat kualifikasi bersama Zulfadli Zulkiffli.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Daren Liew, Kejuaraan Dunia 2019



Source link

Loading...

Pos terkait