BAM Tak Ingin Korbankan Pemain Lain Demi Lee Chong Wei Tampil di Kejuaraan Dunia

  • Whatsapp

Berita Badminton : Dua pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia dan Liew Daren bisa menghela nafas lega. Pasalnya, tak satu pun dari mereka yang harus dikorbankan untuk memberi jalan bagi Lee Chong Wei untuk tampil di Kejuaraan Dunia di Basel, Swiss pada 19-25 Agustus mendatang.

Presiden Federasi Badminton Malaysia (BAM), Datuk Seri Norza Zakaria mengatakan bahwa badan nasional itu kemungkinan akan mendukung semua pemain Malaysia yang memenuhi syarat berdasarkan peringkat dunia yang dirilis pada 30 April lalu.

Chong Wei yang kini berusia 36 tahun, sekarang menjalani perawatan untuk kanker hidung, tidak bisa tampil karena ia merosot ke peringkat 115 dunia, sementara Zii Jia dan Daren memenuhi syarat masing-masing di peringkat 21 dan 24 dunia. Suatu negara maksimal hanya dapat mengirim dua pemain jika keduanya berada di peringkat 150 dunia.

Sebuah wildcard bisa menyelamatkan BAM dan tiga pemain lain dari situasi yang pelik, tetapi Federasi Badminton Dunia (BWF) mengkonfirmasi pada hari Senin (6/5) bahwa tidak akan ada wildcard tahun ini.

BAM masih dapat memasukkan Chong Wei dengan mengorbankan Zii Jia atau Daren Liew karena mereka memiliki hak prerogatif untuk memutuskan siapa yang ingin mereka kirim. Namun, Norza mengindikasikan bahwa BAM tidak mungkin mengorbankan pemain yang memenuhi syarat untuk mengakomodasi Chong Wei, yang kembali ke turnamen kompetitif masih belum pasti.

“Saya akan menyerahkan masalah ini kepada komite dan pelatihan (CNT) tetapi kami kemungkinan akan mengizinkan semua pemain yang memiliki kualifikasi untuk bermain,” kata Norza saat ditemui di Akademi Badminton Malaysia (ABM) kemarin (7/5).

“Seperti yang kami tahu, Chong Wei bukan bagian dari daftar dan dia masih bekerja pada kebugarannya. Kami juga telah berbicara tentang kapan waktu yang tepat sehubungan dengan kembalinya dia ke kompetisi, dan saya yakin kami akan membahas lebih banyak tentang rencananya untuk segera bergerak maju,” ungkapnya.

“Prioritas untuk Chong Wei sekarang adalah untuk pulih dari penyakitnya, jadi mari kita fokus pada yang pertama. Begitu dokternya memberi lampu hijau, maka dia akan bermain, kalau tidak kami akan membahas tentang rencana lain,” Norza menambahkan.

Sejak ia melakukan debut di edisi 2005 di Anaheim, Amerika Serikat dengan medali perunggu, Chong Wei tidak pernah melewatkan satu pun Kejuaraan Dunia sampai tahun lalu.

Dia didiagnosis menderita kanker hidung tahap awal sebulan sebelum Kejuaraan dunia di Nanjing pada Agustus, di mana dia dijadwalkan menghadapi pemain asal Perancis, Brice Leverdez. Dalam edisi Glasgow pada 2017, Chong Wei kalah dari Leverdez di babak pertama, menandai penampilan terburuknya dalam 10 penampilan.

Chong Wei hampir pasti akan mengakhiri karirnya tanpa gelar juara dunia. Dia meraih runner-up sebanyak tiga kali, kalah dari Lin Dan pada tahun 2011 dan 2013 serta Chen Long pada tahun 2015.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Kejuaraan Dunia 2019, Daren Liew



Source link

Loading...

Pos terkait