Venezuela Buka Kembali Perbatasan, Ribuan Warga Masuki Kolumbia

  • Whatsapp
Venezuela Buka Kembali Perbatasan, Ribuan Warga Masuki Kolumbia
Venezuela Buka Kembali Perbatasan, Ribuan Warga Masuki Kolumbia

Venezuela, Gatra.com – Presiden Venezuela Nicholas Meduro membuka kembali perbatasan Venezuela-Kolumbia. Ribuan warga mendesak masuk ke Kolumbia untuk membeli bahan makanan dan obat-obatan. 

Muat Lebih

Warga memadati jembatan di Kota Cucuta yang sempat ditutup selama empat bulan terakhir. Sebelumnya, pada Sabtu (8/6), terdapat antrean pemeriksaan kartu identitas. 

 “Sangat sulit menyeberang dalam kondisi hujan. Apalagi jalur ini juga dikuasai oleh kelompok kriminal,” kata salah seorang warga kepada AlJazeera pada Minggu (9/6). 

Meduro membela warga dan menginginkan perdamaian. Ia meminta pemerintah Kolumbia menerima rakyat Venezuela. Hal ini karena ketersediaan makanan dan obat di negaranya sangat minim. 

Pemerintah Amerika Selatan sebelumnya telah menutup lima titik di Venezuela yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga. Empat titik tersebut diantaranya Kolumbia, Brazil, Aruba, Bonaire, dan Curacao.

Sebelum dibuka, banyak rakyat Venezuela melakukan penyeberangan ilegal ke Kolumbia, demi mendapatkan kebutuhan pokok mereka. Namun, hal itu sulit dilakukan karena jembatan dikuasai oleh kelompok kriminal.

Penutupan dilakukan mulai Februari lalu, saat pasukan oposisi mencoba mengirimkan pasokan makanan dan obat-obatan ke negara tersebut. Sebagian besar bantuan datang dari Amerika Serikat, sekutu utama Juan Guaido, dan pemimpin oposisi yang menyatakan dirinya sebagai pemerintah sah Venezuela


Reporter: Qanita Azzahra

Editor: Annisa Setya Hutami

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait