Polisi Serahkan 3 Pelaku Kriminal ke Kejaksaan

  • Whatsapp
Polisi Serahkan 3 Pelaku Kriminal ke Kejaksaan
Polisi Serahkan 3 Pelaku Kriminal Ke Kejaksaan

SENTANI- Kepolisian Sektor (Polsek) Sentani Kota dalam hal ini Unit Reskrim Polsek Sentani Kota menyerahkan 3 orang tersangka dengan kasus yang berbeda ke Kejaksaaan Negeri, Jumat, (21/6) siang.

Muat Lebih

3 orang pelaku yakni FB (21) pelaku pencurian, OM (23) pelaku penganiayaan, HB (23) pelaku perbuatan tidak menyenangkan dengan kekerasan maupun ancaman kekerasan, ke Kejaksaan Negeri Jayapura setelah berkas dinyatakan lengkap.

Kapolsek Sentani Kota, AKP. Lintong Simanjuntak, SH., MH., saat di konfirmasi menjelaskan, penyerahan 3 (tiga) tersangka beserta barang bukti oleh penyidik Polsek Sentani Kota dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Sentani Kota Ipda Aan Anwas, SH.

“Tersangka FB (21) kami kenakan pasal Pasal 363 ayat (1) ke – 3 atau pasal 362 KUHP atas perbuatannya melakukan pencurian di gereja Kristen Kemah Daud Flafouw Sentani pada hari selasa tanggal 09 april (dini hari) dimana pelaku berusaha masuk kedalam gereja kemudian melancarkan aksinya,”ujarnya.

Lanjut Lintong, FB (21) diserahkan bersama dengan barang bukti 1 (satu) buah keyboard PSR-S970 merk Yamaha warna hitam, 1 (satu) buah adaptor merk Yamaha warna hitam,  1 (satu) unit sepeda motor Yamaha vixion warna putih dengan nomor rangka MH31PA004FK81992, nomor mesin IPA-82041 dan 1 (satu) lembar STNK Yamaha vixion warna putih DS 6616 Z.

“Sementara tersangka OM (23) kami kenakan Pasal 351 ayat (1) KUHPidana karena melakukan penganiayaan pada tanggal 21 april 2019, dimana HB (23) dalam keadaan mabuk menghadang dan menganiaya korbannya yang bernama Babon Pribadi dengan memukuli korban pada bagian kepala dan mulut,”jelas Lintong menambahkan.

“Sedangkan tersangka HB (23) kami kenakan Pasal 335 dan 212 KUHPidana karena telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan dengan Kekerasan Maupun Ancaman kekerasan pada tanggal 21 april 2019. Dimana HB (23) mencoba merampas senjata api milik Kepolisian ketika anggota mendatangi TKP kasus penganiayaan setelah di beri tembakan peringatan,”sambungnya menerangkan.

Lintong menjelaskan, untuk pelaku HB dikenakan dua pasal karena pada saat kejadian, setelah gagal merampas senjata api kemudian HB (23) masuk kedalam rumah mengambil kayu balok dan mengayunkan kayu tersebut ke arah petugas

“Sehingga atas perbuatannya HB kami kenakan dua pasal berbeda dan saat ini tersangka HB (23) sudah kamu serahkan ke kejaksaan beserta barang bukti 1 buah kayu balok,”beber Lintong.

Pria yang pernah menjabat Kapolsek Sentani Timur mengatakan, FB (21) dikenakan pasal Pasal 363 ayat (1) ke- 3 atau pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, sementara OM (23) dikenakan Pasal 351 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan penjara.

“Sedangkan HB (23) kami kenakan Pasal 335 dan 212 KUHP dengan ancaman hukuman 1 tahun 4 bulan penjara,”tukas Lintong.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait