Mudik Lewat Jalur Selatan Jateng, Waspada Perlambatan di 6 Titik Perlintasan KA

  • Whatsapp
Mudik Lewat Jalur Selatan Jateng, Waspada Perlambatan di 6 Titik Perlintasan KA
Mudik Lewat Jalur Selatan Jateng, Waspada Perlambatan Di 6 Titik Perlintasan Ka

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Perlintasan sebidang kereta api di jalan raya Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Mantapps.com/FADLAN MUKHTAR ZAIN

PURWOKERTO, Mantapps.com – Sepanjang ruas jalur selatan Jawa Tengah dari Kabupaten Banyumas hingga batas DIY terdapat enam perlintasan sebidang kereta api yang berpotensi menyebabkan perlambatan arus lalu lintas.

Muat Lebih

PPK Pelaksana Jalan Nasional Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Wilayah Wangon-Batas DIY Yafoor Sulaiman menyebut, dua perlintasan sebidang terdapat di wilayah Banyumas, yakni di Randegan dan Sumpiuh.

Kemudian, tiga perlintasan sebidang, kata Yafoor, terdapat di Kabupaten Kebumen, yakni di Karanganyar, Kutowinangun dan Panjer. Sedangkan satu perlintasan sebidang berada di Kabupaten Purworejo, namun kini sudah tidak aktif.

“Kalau kami perhatikan, salah satu potensi perlambatan di perlintasan sebidang, ini jadi salah satu perhatian kami,” kata Yafoor saat dihubungi, Kamis (24/5/2019).

Untuk mengurangi potensi perlambatan, Yafoor mengatakan, akan mengupayakan agar kondisi jalan di sekitar perlintasan sebidang dalam kondisi baik.

“Ini wilayah tumpang tindih, itu (perlintasan sebidang) milik KA, sementara jalan milik Bina Marga. Yang bisa kami lakukan kalau ada kerusakan (hanya) patching, kalau pekerjaan berat seperti overlay atau rekonstruksi itu ranahnya KA,” ujar Yafoor.

Yafoor mengatakan, tidak bisa sembarangan melakukan perbaikan tanpa koordinasi dengan pihak KA.

Pasalnya, terdapat konstruksi khusus di antara perlintasan yang memerlukan penghitungan tersendiri.

Penulis: Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain

Editor: Khairina

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait