Kasus Korupsi Rp 612 M, Edward Soeryadjaja

  • Whatsapp

Mantapps.com – Edward Soeryadjaja, pria kelahiran Amsterdam 21 Mei 1948 itu terjerat kasus saat menjadi pemegang pemegang saham mayoritas PT Sugih Energi Tbk (SUGI).

Dikutip Mantapps dari detik, saat ini, hukuman konglomerat Edward Soeryadjaja diperberat menjadi 15 tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta. Majelis meyakini Edward terbukti korupsi dana pensiun Pertamina senilai Rp 612 miliar.

Muat Lebih

Disebutkan, pada 2014 lalu, Edward bertemu dengan Presdir Dana Pensiun Pertamina, M Helmi Kamal Lubis. Dari pertemuan itu, keduanya sepakat menggocek dana pensiun Pertamina ke PT SUGI. Dana yang digelontorkan ke PT SUGI mencapai ratusan miliar. Berdasarkan perhitungan, kerugian negara mencapai Rp 612 miliar.

Kejadian tersebut akhirnya tercium kejaksaan. Edward dan Helmi sama-sama harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pada 10 Januari 2019, Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 12,5 tahun penjara kepada Edward. Selain itu, Edward juga diminta membayar uang pengganti Rp 25,6 miliar.

Atas putusan itu, baik jaksa dan Edward sama-sama mengajukan banding. Apa kata PT Jakarta?

Selain itu, Edward juga dijatuhi denda Rp 500 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar makan diganti kurungan selama 3 bulan.

PT Jakarta juga menetapkan hukuman dikurangi masa penahanan. Adapun masa pembantaran (rawat inap di RS Medistra Jakarta), tidak diperhitungkan.

Bagaimana dengan Helmi? Ia telah dijatuhi hukuman 8 tahun penjara di tingkat kasasi.

Contributor: Mantapps

Pos terkait