Jajaran Polsek Bersaing Pecahkan Kasus Kriminal

  • Whatsapp
Jajaran Polsek Bersaing Pecahkan Kasus Kriminal – Radar Pekalongan Online
Jajaran Polsek Bersaing Pecahkan Kasus Kriminal – Radar Pekalongan Online

KENDAL – Polres Kendal menggelar lomba Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di halaman Mapolres. Kegiatan digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73.

Pesertanya adalah jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Kendal. Materi yang dilombakan adalah kasus bunuh diri, pembunuhan, pencurian hingga laka lantas.

Muat Lebih

Loading...

Wakapolres Kendal, Kompol Nur Cahyo Ari Prasetyo mengatakan, lomba olah TKP diikuti 24 tim dari Polsek dan Polres Kendal yang dibagi dalam lima kelompok. “Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi anggota polisi, bukan hanya fungsi Reskrim tetapi seluruh jajaran bisa melakukan olah TKP,” katanya.

Dijelaskan, seluruh fungsi harus bisa melakukan olah TKP dengan baik agar bisa mengungkap sesuatu di balik kasus tersebut. Untuk melatih dan menambah ketrampilan olah TKP, tahapan-tahapan atau penatalaksanaan standard operating procedure (SOP) mulai dari saat mendatangai TKP, pelaksanaan olah TKP dan konsolidasi setelah selesai pelaksanaan olah TKP itu yang menjadi dasar penilaian.

“Dalam lomba ini peserta melakukan simulasi olah TKP kasus bunuh diri, pembunuhan dan laka lantas,” ungkapnya.

Kanit Reskrim Polsek Kaliwungu, Ipda Kristiono mengaku, dalam lomba itu waktu yang disediakan cukup pendek. Padahal, untuk mengolah tempat kejadian khususnya kasus pembunuhan membutuhkan waktu yang lama karena perlu kehati-hatian dan detail. “Namun demikian lomba ini sangat membantu anggota di tingkat polsek untuk bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyelidikan,” katanya.(lid)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait