Jaga barang pemudik, Bripka Muharis begadang hingga pagi

  • Whatsapp
Jaga barang pemudik, Bripka Muharis begadang hingga pagi
Jaga Barang Pemudik, Bripka Muharis Begadang Hingga Pagi

MITRAPOL.com, Tapaktuan – Mudik ke kampung halaman adalah salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan para perantau jelang lebaran Idul Fitri. Kesempatan mudik selalu ditunggu-tunggu bagi mereka yang jauh dari sanak saudaranya.

Begitupun situasi aman dan nyaman sangat diharapkan bagi setiap pemudik ketika sedang menempuh perjalanan jauh.

Muat Lebih

Tidak jarang gangguan keamanan sering menimpa para pemudik ketika di perjalanan atau rest area, karena menempuh perjalanan jauh dan kelelahan sehingga rasa awasnya berkurang, sehingga tidak jarang pemudik ini mengalami tindakan kriminal, mulai dari pencurian dan aksi hipnotis yang dilakukan para kriminal.

Pelabuhan penyeberangan Fery Labuhan Haji, kabupaten Aceh Selatan merupakan salah satu titik kumpul pemudik, saat menunggu antrian berlayar menuju ke kabupaten Simeulue.

Tidak jarang para pemudik menumpuk di pelabuhan tersebut beserta barang bawaannya. Hingga dini hari Sabtu (1/6/2019) terpantau ratusan kendaraan roda dua dan empat serta barang bawaan menumpuk di pelabuhan penyeberangan tersebut. Para pemudik terlihat beristirahat di sekitar pelabuhan tersebut menunggu antrian keberangkatan.

Disaat pemudik tengah tertidur lelap karena seharian menempuh perjalanan jauh, di lokasi tersebut terlihat seorang personel polisi melakukan penjagaan dan patroli di sekitar lokasi tersebut. Tanpa memperdulikan cuaca yang ekstrim, personel ini secara marathon terus memantau dan berpatroli terutama disekitar kendaraan dan barang bawaan pemudik.

Hujan disertai angin kencang terus mendera lokasi yang dijadikan rest area dadakan pemudik tersebut, namun aksi personel polisi ini akhirnya mengundang perhatian salah seorang pemudik yang merasa terharu atas aksi personel polisi ini yang sejak tengah malam terus menjaga kendaraan roda dua dan barang pemudik agar tidak menjadi sasaran pelaku kriminal.

Dani (27) mahasiswa universitas Gajah Putih Aceh Tengah, yang ikut mudik ke kabupaten Simeulue, dia sangat mengapresiasi kinerja anggota polisi ini.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi atas apa yang dilakukan bapak polisi ini, sejak tadi kami melihat beliau secara rutin berkeliling guna menjaga kendaraan dan barang-barang kami, sehingga kami merasa nyaman dan aman dengan adanya polisi tersebut,” tuturnya kepada Mitrapol.

Menurutnya apa yang dilakukan polisi ini patut diapresiasi, dimana secara langsung dirinya telah memberikan rasa aman dan nyaman yang sangat diharapkan para pemudik.

“Ini sangat profesional dan humanis kalau menurut kami, sebab jika polisi tidak hadir dapat dipastikan para pelaku kriminal memanfaatkan keadaan ini untuk melancarkan aksinya, sebab rasa lelah sering kali membuat kita tidak awas atas gerak gerik mereka,” lanjutnya.

Penasaran atas apa yang dilakukan personel ini, Mitrapol mencoba menjumpainya dan melakukan wawancara langsung kepada personel yang belakangan diketahui bernama Bripka Muharis. A personel bhabinkamtibmas Pasar Lama kecamatan Labuhan Haji kabupaten Aceh Selatan ini.

Menurutnya apa yang dilakukan itu hanyalah tuntutan tugas demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menekan terjadinya kriminalitas di lingkungannya bertugas.

“Ini hanya tuntutan tugas, yang kami lakukan dengan penuh tanggungjawab sehingga diharapkan apa yang kami lakukan ini mampu meningkatkan kenyamanan terhadap masyarakat khususnya pemudik yang saat ini sedang menempuh perjalanan jauh, sehingga apa yang kami lakukan ini dapat menjadi bagian dalam mendukung Polri promoter sebagaimana yang telah dicanangkan bapak Kapolri,” tutupnya.

Reporter : Safri

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait