Gadis Kampung, Ciptakan Greenna Teknologi Pengelolaan Sampah di akui Dunia

  • Whatsapp
grenna

#grenna #inovasi #dunia #teknologi #sampah #daurulang – Gadis kampung asal Desa Cisalopa, Bogor, Jawa Barat Nina Nuraniyah, berhasil menggemparkan dunia wirausaha di Indonesia.

Pasalnya, inovasi bernama Greenna daur ulang sampah yang diciptakannnya berhasil menyabet penghargaan tertinggi dalam kategori Social Enterprises (wirausaha sosial)Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards.

Muat Lebih

Penghargaan Top Ten Innovators adalah sesuatu yang luar biasa bagi Greenna. Prestasi ini bukan hanya prestasi Greenna, tapi juga prestasi untuk seluruh warga Desa Cisalopa yang selalu mendukung Greenna.

Gadis ini berhasil meraih kemenangan setelah melewati seleksi dan mengalahkan dua pesaing wirausaha sosial lainnya di babak final, yaitu Mulheres Do Sul Global dari Brazil dan Ai Brique dari Malaysia.

Perempuan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu pun menuturkan ide awal terciptanya Greenna, di mana ia melihat adanya persoalan sampah di desa tempat tinggalnya.

Menurut Nina, kebiasaan warga desa membuang sampah di sungai atau sampah dibakar di kebun, jika dibiarkan terus menerus dapat menimbulkan penyakit dan mengakibatkan lingkungan menjadi tidak sehat. Selain itu pembakaran sampah secara berlebihan juga dapat berkontribusi terhadap pemanasan global.

Melihat keadaan tersebut akhirnya ia pun mengajak beberapa warga desa untuk perlahan memperbaiki kebiasaaan tersebut. Saat ini, Grenna sudah mampu menghasilkan barang-barang berharga sepertii dompet, tas, keranjang dan peralatan rumah tangga lainnya.

 

Countributor: Mantapps

Pos terkait