Film Kriminal Korea Berdasarkan Kisah Nyata

  • Whatsapp
Menegangkan! Deretan Film Thriller Asal Korea Ini diadaptasi Dari Kisah Nyata
Film Kriminal Korea Berdasarkan Kisah Nyata

DRAMA Korea begitu identik dengan kisah percintaan. Kepiawaian para sutradara dalam meracik drama romantis tak diragukan lagi. Plot yang manis dan chemistry antarpemain membuat romansa drama Korea begitu memukau dan tak terlupakan.

Muat Lebih

Meskipun kualitas drama romantis Korea tak diragukan, Korea juga terkenal akan drama-drama dengan genre suspense-thriller loh. Film-film thriller tersebut semakin menegangkan karena diadaptasi dari kisah nyata. Berikut film thriller Korea yang diambil dari kisah nyata :

1. The Chaser

The Chaser (Sumber: IMDb)

Film thriller gelap ini mengisahkan tentang seorang pembunuh berantai yang dikejar oleh seorang mantan perwira. Karakter pembunuh berantai dalam film ini didasarkan pada kehidupan nyata.

Di kisah nyata, pembunuh tersebut menargetkan perempuan bertubuh langsing dan membunuh mereka dengan palu. Fakta menarik dari kisah nyata ini adalah sebelumnya tersangka sempat ditangkap dengan tuduhan pencurian. Setelah diperiksa lebih lanjut terungkap bahwa kejahatan yang dilakukan tak hanya mencuri tetapi juga pembunuhan berantai.

2. Silenced

Silenced
Silenced (Sumber: CJ Entertainment)

Silenced menceritakan tentang siswa-siswa tuna rungu yang mengalami pelecehan seksual selama bertahun-tahun oleh petinggi sekolah. Tak hanya siswa perempuan, siswa laki-laki di sekolah itupun turut mendapatkan perlakuan seksual dari kepala sekolah.

Kisah tersebut baru terungkap setelah seorang guru baru nan idealis mengetahui kejadian tersebut. Ia pun melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Sayangnya, kepolisian hanya memberi hukuman ringan pada pelaku.

Mengetahui hukuman ringan yang didapatkan oleh pelaku membuat para korban stres. Di kehidupan nyata, para pelaku yang merupakan petinggi sekolah juga mendapatkan hukuman paling minimal.

Film Korea ini cukup menghebohkan publik dan membuat pemerintah mengoreksi segala proses pemeriksaan. Berkat film ini, pemerintah menutup sekolah dan merevisi undang-undang kejahatan seks terhadap anak di bawah umur dan orang cacat. Salut!

3. The Case of Itaewon Homicide

The Case of Itaewon
The Case of Itaewon Homicide (Sumber: The Korean Movie Database)

Film ini mengangkat kasus pembunuhan yang terjadi di Itaewon, Korea Selatan. Kisah ini begitu mengejutkan masyarakat Korea karena diselimuti berbagai misteri.

Di dalam film dan kehidupan nyata, seorang mahasiswa Korea ditemukan tewas secara misterius di Burger King Itaewon. Dua remaja Amerika Serikat menjadi tersangka untuk kasus ini. Kendati telah menangkap tersangka, kronologi pembunuhan penuh teka-teki. Didukung oleh aktor ternama seperti Song Joong-ki dan Jang Geun-suk membuat film ini begitu disukai.

4. The Voice of Murderer

The Voice of Murderer
The Voice of Murderer (Sumber: CJ Entertainment)

Pada tahun 1991, seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun bernama Lee Hyung-ho diculik di kompleks apartemennya, Hyundai Apartemen, Apgujeong, Gangnam-gu.

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, Gangnam merupakan tempat tinggal para konglomerat. Mengetahui anak yang diculiknya adalah anak konglomerat, penculik Lee Hyung-ho meminta tebusan dengan nominal fantastis.

Penculik tersebut menelepon orang tua Lee Hyung-ho dan meminta tebusan di tempat tertentu. Ia mengancam akan membunuh Lee Hyung-ho jika keinginannya tidak dipenuhi.

Meskipun penjahat, penculik tersebut memiliki suara lembut dan menggunakan bahasa yang sopan. Setelah mempermainkan orang tua Lee Hyung-ho selama 40 hari, penculik tersebut melarikan diri.

Tak lama setelah penculik tersebut menghilang, polisi menemukan jasad Lee Hyung-ho. Setelah diotopsi, diketahui Lee Hyung-ho ternyata telah meninggal sejak hari pertama ia diculik. Proses pencarian super menegangkan penculik tersebut diangkat dalam film ini.

5. Confession of Murder

Confession of Murder
Confession of Murder (Sumber: Variety)

Salah satu kisah pembunuhan paling misterius dan populer di Korea Selatan adalah kasus Hwaseong. Begitu terkenalnya kasus ini hingga diangkat dalam berbagai film dan drama Korea Selatan.

Salah satu film yang cukup populer yakni Confession of Murderer. Film ini menceritakan tentang pembunuhan berantai di Hwaseong. Setelah belasan tahun kasus ini gagal dipecahkan oleh kepolisian, oemerintah setempat menutup kasus ini.

Kemudian muncul seorang penulis yang mengaku sebagai pembunuh berantai tersebut. Dalam buku yang ia tulis, ia mengaku kejahatannya belasan tahun yang lalu. Ia menuliskan kronologi kejadian dengan begitu detil dan lengkap.

Penulis yang diduga pelaku itu pun menunjukkan luka bekas tembakan seorang polisi yang pernah berusaha menangkapnya. Film ini terasa semakin seru setelah penulis itu dipertemukan oleh polisi yang berusaha mengejarnya dalam sebuah acara televisi. Hingga akhirnya, pembunuh sebenarnya keluar dari persembunyian. (avia)



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait