Dua Calon Rektor Diperiksa | Berita Kriminal Radar Tegal

  • Whatsapp
logo Radar Tegal
Dua Calon Rektor Diperiksa | Berita Kriminal Radar Tegal

  • Dua Calon Rektor Diperiksa

**JAKARTA ** – Indikasi adanya aliran uang ke Romahurmuziy alias Romy dalam seleksi pengisian jabatan rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terus ditelusuri Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pendalaman itu dilakukan dengan kembali memeriksa sejumlah akademisi yang pernah ikut seleksi calon rektor PTKIN, kemarin (18/6).

Muat Lebih

Saksi yang dipanggil kemarin merupakan akademisi yang ikut seleksi calon rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh 2018 lalu. Yakni, Farid Wajdi Ibrahim (calon rektor petahana) dan Syahrizal (calon rektor/guru besar). “Kami periksa dalam kapasitas pernah menjadi calon rektor atau mengikuti proses seleksi jabatan rektor,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Sama dengan pemeriksaan saksi sebelumnya, dua calon rektor itu diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Romy. KPK juga mendalami indikasi adanya peran mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut dalam proses seleksi rektor di UIN Ar-Raniry.

“Misalnya, apakah mereka pernah dihubungi atau mendengar atau bahkan melihat secara langsung peristiwa terkait dengan pokok perkara ini (suap jual beli jabatan di Kementerian Agama, red),” jelasnya.

Lantas apakah KPK sudah menemukan indikasi aliran uang dari calon rektor kepada Romy? Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan hal itu yang saat ini masih didalami oleh penyidik. Menurut dia, informasi tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan penyidik.

“Apakah pemilihan rektor itu juga ada semacam (suap) seperti penunjukan kanwil kemenag Jawa Timur? Nanti kalau ada perkembangan baru, pasti akan diekspose,” ungkap Alex (sebutan Alexander Marwata). (riz/zul/ful)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait