Deklarasi Tolak Kerusuhan, Kapolda Kaltim Ajak Jaga Toleransi dan Kerukunan

  • Whatsapp
Deklarasi Tolak Kerusuhan, Kapolda Kaltim Ajak Jaga Toleransi dan Kerukunan
Deklarasi Tolak Kerusuhan, Kapolda Kaltim Ajak Jaga Toleransi Dan Kerukunan

Pangdam VI/Mlw, Kapolda Kaltim, Walikota Balikpapan bersama sejumlah pejabat lainnya dalam Gerak Jalan Santai yang dirangkai dengan Deklarasi Menolak Kerusuhan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Minggu (23/6/2019). (foto : Roni S)

HUKUMKriminal.Net, BALIKPAPAN : Ribuan masyarakat Balikpapan mengikuti gerak jalan santai  yang dirangkai dengan deklarasi menolak kerusuhan dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) Ke-73 Bhayangkara di Lapangan Merdeka, Minggu (23/6/2019) pagi.

Muat Lebih

Loading...

Di antara ribuan warga Kota Minyak dari berbagai kalangan itu, hadir pula sejumlah pejabat pemerintah. Di antaranya Walikota Balikpapan Haji Rizal Effendi, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto.

Kepada HUKUMKriminal.Net dan sejumlah awak media lainnya, Kapolda menyampaikan Polda Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan telah melakukan kegiatan-kegiatan yang lain dalam rangka HUT Ke-73 Bhayangkara, dan masih melakukan kegiatan bhakti sosial untuk ke depannya.

“Namun hari ini fokus kepada gerak jalan santai dalam memperingati hari Bhayangkara tahun 2019 ini,” sebut Irjen Pol Priyo Widyanto.

Selain melaksanakan gerak jalan santai ini, katanya lebih lanjutnya, juga sekaligus mendeklarasikan menolak adanya kerusuhan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat Kalimantan Timur.

“Kita semua tidak ingin kejadian itu terulang kembali seperti kejadian di tanggal 21 dan 22 Mei, kita semua tidak menginginkan di wilayah lain ataupun di Balikpapan terjadi,” tegasnya.

Priyo juga menegaskan dengan adanya deklarasi ini, semua kembali menyatukan hati dan langkah serta tekad untuk menjaga Kalimantan Timur tetap kondusif.

Di Balikpapan, masih kata Kapolda, indikasi kerusuhan tidak ada. Namun selaku penjaga keamanan dan ketertiban, Kepolisian dan TNI menghimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan informasi di media sosial, pemberitaan-pemberitaan yang tidak jelas. Karena dampaknya sangat berbahaya.

“Jadi marilah bersama-sama kita jaga bersama kerukunan dan toleransi, saling merangkul dan bergotong royong dalam dalam hal yang positif,” ajak Kapolda.

Senada yang disampaikan Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto mengatakan bahwa TNI AD, AL, AU mendukung penuh apa yang sudah disampaikan Kapolda.

“Yang jelas TNI mendukung penuh sebagai mitra, sahabat dekat Kepolisian. Secara konsensus menolak adanya kerusuhan, mari kita jaga Kalimantan Timur dengan damai,” tegasnya menandaskan. (HK.net)

Penulis : Roni S                                                                                                                                                                                      Editor   : Lukman

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait