Dana Triliunan Dari Inverstor, Startup Indonesia Dikuasai Asing

  • Whatsapp

#starup #indonesia #asing #investor

Mantapps.com, Jakarta – Starup Indonesia tampaknya memiliki daya tarik tersendiri di mata Asing. Hal ini dibenarkan lantaran  berbagai investor raksasa mancanegara mengucurkan dana besar-besaran untuk startup Indonesia.

Muat Lebih

Sayangnya kondisi ini membuat kepemilikan empat perusahaan rintisan atau startup Indonesia dikuasai oleh asing.

Dikutip Mantapps dari okezone, sebagai contoh misalnya, suntikan dana besar-besaran yang mendukung perkembangan dan ekspansi bisnis membuat Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka menjelma menjadi unicorn.

Unicorn sendiri merupakan sebutan bagi startup yang valuasi usahanya minimal USD1 miliar. Terbaru, seperti dilaporkan Tech-Crunch, Go-Jek telah mendapat persetujuan suntikan dana dari beberapa investor: Google, JD.com, dan Tencent sebesar USD920 juta (Rp13 triliun) yang bakal menaikkan valuasi perusahaan menjadi sekira USD9,5 miliar.

Kemudian, Tokopedia, perusahaan ini kabarnya menerima kucuran dana dari Alibaba Group (China) dan Softbank Vision Fund (Inggris) senilai USD1,1 miliar melalui penjualan saham seri G pada 21 November 2018.

Selanjutnya Traveloka, juga berkembang dengan kucuran dana dari investor AS, China, Jepang, dan India. Tak tercatat satu pun investor lokal di perusahaan agregasi jasa perjalanan online ini.

Mungkin hanya Bukalapak yang mayoritas saham masih dikuasai PT Emtek yang masuk ke e-commerce asli Indonesia besutan Achmad Zaky dan Nugroho Heru cahyono ini sejak 2014.

Contributor: Mantapps

Pos terkait