Cuaca Buruk, Angin Kencang, Gelombang Tinggi di Selat Bali dan Selatan Jawa, Masyarakat Harus Waspada

  • Whatsapp

Mantapps.com – 1 hingga 3 hari ke depan (13-16 Mei), Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Jawa Timur, meminta kepada pengguna jasa pelayaran untuk mewaspadai gelombang tinggi di selat Bali dan selatan Jawa.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Agung Dwi Nugroho mengatakan untuk tinggi gelombang di laut Selatan Jawa berada di kisaran 2 hingga 3,5 meter. Sedangkan di selat Bali mencapai 0,5 hingga 1,3 meter. kata Agung, tinggi gelombang ini dipengaruhi karena adanya tekanan udara rendah di Barat daya Australia.

Muat Lebih

Loading...

Para nelayan yang menggunakan kapal kecil cukup berbahaya beraktivitas di laut. Sedangkan nelayan yang menggunakan kapal berukuran besar untuk tetap waspada karena cuaca di tengah laut sewaktu- waktu bisa berubah. Untuk aktivitas pelayaran di Selat Bali pada umumnya masih aman, namun dengan ketinggian ombak hingga 1 meter lebih bisa mengganggu pelayaran kapal.

Agung menambahkan selain tinggi gelombang masyarakat diminta juga untuk mewaspadai angin kencang dan curah hujan yang cukup tinggi. Karena meski wilayah Banyuwangi pada umumnya sudah memasuki awal musim kemarau. Namun potensi hujan masih berpeluang terjadi.

Pada hari Senin kemarin (12/5/2019) dermaga MB ponton di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ambrol. Jebolnya dermaga MB ponton itu dihantam ombak laut Selat Bali yang cukup besar. Dalam insiden itu, di dermaga ponton telah berlangsung bongkar muat kendaraan bermotor dan penumpang lainya dari KMP Trisila Bhakti 2. Selain itu, sejumlah kapal juga kesulitan untuk bersandar karena gelombang tinggi.

Loading...

Pos terkait