Batu Bacan 1,5 Ton di Keraton, Bisa Berubah Warna

  • Whatsapp

Mantapps.com – Kabarnya, di halaman Keraton Kesultanan Bacan yang terbuka, ada batu bacan seberat 1,5 ton. Batu jenis ini katanya bisa berubah warna.

Lokasi, Keraton Kesultanan Bacan, terletak di Kelurahan Amasing Kota, Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Senin (4/3/2019). Keraton ini berpagar konstruksi semen dan besi layaknya pagar rumah biasa, namun ternyata ada batu bacan pula yang ditanam di tembok pagar, warnanya hijau dan merah.

Muat Lebih

Di bagian dalam pagar, terlihatlah bongkahan batu besar dengan guratan hijau-kebiruan yang terang di tengahnya. Inilah batu bacan seberat 1,5 ton. Batu itu didirikan di atas dudukan semen supaya pengunjung bisa lebih mudah melihatnya.

Tak ada atap yang melindungi batu bacan ini, hanya pohon kecil di sebelahnya. Bila hujan turun, batu ini bakal langsung basah. Meski tak ada bangunan perlindungan khusus untuk batu ini, namun batu ini pernah ditaksir bernilai tinggi. Kami menemui Jogogu (Perdana Menteri) Kesultanan Bacan, Datuk Alolong Harmain Iskandar Alam untuk mencari tahu soal batu besar ini.

Rekan-rekan penjual batu dulu bilang harga batu tersebut sekitar Rp 1 miliar atau Rp 2 miliar.

Taksiran harga setinggi itu muncul saat demam akik batu bacan masih melanda Indonesia, pada 2014 silam. Batu ini ditemukan di Desa Palamea, Pulau Kasiruta, kemudian dibawa ke halaman Kesultanan ini. Secara historis, Pulau Kasiruta merupakan daerah asal Kesultanan Bacan yang eksodus dari Pulau Makian. Di Kasiruta, Kesultanan bertahan sampai empat sultan memerintah. Barulah setelah itu, pusat pemerintahan pindah ke Pulau Bacan.

Yang menarik adalah, batu bacan tersebut bias berubah warna. Sebenarnya pengetahuan bahwa batu bacan bisa berubah warna memang sudah umum diketahui oleh para pendemen batu akik. Batu bacan yang dulu berwarna kecokelatan bisa berubah menjadi hijau tua. Batu bacan berwarna hijau tua bisa menjadi hijau muda jernih. Orang-orang biasa menggosok batu bacan itu berulang-ulang untuk mendapatkan kejernihan tertentu.

Contributor: Mantapps

Pos terkait