Aturan Keamanan Siber di Thailand Picu Kontroversi

  • Whatsapp
siber

#siber #thailand #teknologi #internet – Dikabarkan Pemerintah Thailand saat ini sedang  menyusun regulasi keamanan siber ( cybersecurity). Namun, tindakan tersebut belakangan memicu kontroversi.

Pasalnya banyak pihak mengatakan, drafnya dianggap terlalu menguatkan posisi pemerintah dan melemahkan privasi masyarakat.

Muat Lebih

Salah satu poin dari regulasi itu adalah pembentukan National Cybersecurity Committee (NCSG). Tim khusus ini diberi otoritas untuk mengakses komputer individu atau perusahaan, serta menyalin informasi di dalamnya.

Kemudian NCSG boleh meminta individu atau perusahaan untuk menyerahkan informasi pihak lain yang mereka pegang. Kewenangan NCSG semakin absolut, sebab tindakannya tak membutuhkan perintah pengadilan terlebih dahulu.

Banyak para aktivis dan perusahaan internet mengecam draf tersebut. Menurut mereka, regulasi cybersecurity tak boleh mengorbankan privasi, kebebasan sipil, dan aturan yang berlaku sebelumnya.

Perusahaan yang paling menentang draf tersebut diantaranya raksasa internet seperti Google, Apple, Facebook, dan Amazon.

 

 

Couuntributor: Mantapps

 

Pos terkait