83 Napi di Jatim Bebas, 10 di Antaranya dari Lapas Kelas I Malang

  • Whatsapp
83 Napi di Jatim Bebas, 10 di Antaranya dari Lapas Kelas I Malang
83 Napi Di Jatim Bebas, 10 Di Antaranya Dari Lapas Kelas I Malang

Mantapps.com – Dalam Hari Raya Idul Fitri ini, 83 narapidana (napi) telah bebas dari jerat hukuman. Itu setelah napi tersebut mendapatkan remisi khusus keagamaan. Dengan begitu, total penerima remisi kali ini berjumlah 5.896 napi.

Muat Lebih

Pargiyono, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum ham Jatim, menerangkan bahwa perincian tersebut terdiri dari 5.813 napi yang hanya mendapat potongan hukuman 1 hingga 2 bulan. Dan 83 napi yang bebas karena pengurangan jumlah hukuman.

“Kalau hitungannya betul ya pasti dilepaskan. Artinya, mereka mempunyai hak tersebut karena mereka memenuhi syarat pemberian remisi,” katanya.

Menurut Pargiyono, jumlah remisi keagamaan tersebut bakal bertambah. Sebab, ucap dia, data yang ada per akhir Mei. Sehingga dimungkinkan jumlah penghuni yang mendapatkan diskon terus bertambah.

Dalam remisi khusus II itu, 10 napi Lapas Kelas I Malang bisa bebas. Dikarenakan masa menjalani hukuman telah habis terpotong oleh remisi. “Prinsipnya sama dengan RK I. Adanya pengurangan hukuman sebanyak 1 bulan hingga 2 bulan. Tapi, hitungannya beda. Mereka yang mendapat keringanan pas dengan masa hukumannya. Jadi bisa bebas,” jelasnya.

Remisi tersebut, terang Pargiyono, akan terus meningkat. Ini dikarenakan masih banyak remisi susulan. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya kekurangan berkas atau keterlambatan.

Menurut pria asal Temanggung, Jawa Tengah, itu, pemberian remisi melewati prosedur ketat. Sebab, petugas menyeleksi dan melihat catatan perilaku napi. Jika menemukan perbuatan napi yang melanggar aturan dalam waktu yang dekat dengan remisi, biasanya mereka tidak akan didaftarkan.

“Itu langkah tegas dalam penerapan pemberian remisi. Jadi, kami tidak sembarangan dalam memberikan diskon hukuman,” terangnya.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait