45 orang diduga penganiaya anggota TNI ditangkap

  • Whatsapp
45 orang diduga penganiaya anggota TNI ditangkap
45 Orang Diduga Penganiaya Anggota Tni Ditangkap

Video adegan penganiayaan dua anggota TNI oleh masyarakat bersenjata tajam dan bambu runcing viral di media sosial. Polisi mengkonfirmasi peristiwa itu terjadi di mess Distrik 8, PT Wira Karya Sakti (WKS) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Rabu (17/7/2019).

Polda Jambi dan Korem 042/Garuda Putih bergerak cepat. Sebanyak 45 orang anggota Serikat Mandiri Batanghari (SMB), yang diduga sebagai pelaku termasuk ketuanya Muslim, ditangkap (19/7/2019).

Muat Lebih

Sebanyak 20 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, sedang sisanya masih dalam pemeriksaan. Aparat juga menyita 10 pucuk senjata rakitan laras panjang, dan belasan senjata tajam.

Ringkasan

  • Video adegan penganiayaan dua anggota TNI berseragam, ternyata hanya memperlihatkan sebagian tindak kriminal Serikat Mandiri Batanghari (SMB).
  • Saat peristiwa terjadi (17/7/2019) ada 3 TNI, 2 orang polisi serta 1 orang damkar perusahaan dan 12 orang karyawan PT. WKS yang dianiaya.
  • Mereka yang dianiaya adalah Satgas Karhutla PT WKS.
  • Selain menganiaya, mereka juga merusak fasilitas PT WKS.
  • Menurut polisi, sebelum peristiwa penganiayaan dan perusakan, SMB sudah sering melakukan tindak kriminal seperti intimidasi dan penjarahan.
  • Pemicu tindak kekerasan adalah sengketa lahan antara masyarakat yang tergabung dalam Serikat Mandiri Batanghari (SMB) dengan PT WKS.
  • SMB memprotes Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Rakyat (IUPHHK-HTR) yang diperoleh PT WKS.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 13 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya suara.com dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.


Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.


Jumlah berita per jam
Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 253 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 33 interaksi. Selanjutnya suara.com dengan 20 interaksi pada peringkat ketiga.


Jumlah berita media di Facebook
Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait