Wisata Kuliner Khas Lombok yang Harus Dicicipi Ketika Liburan di Lombok

  • Whatsapp
Wisata Kuliner Khas Lombok yang Harus Dicicipi Ketika Liburan di Lombok
Wisata Kuliner Khas Lombok Yang Harus Dicicipi Ketika Liburan Di Lombok

Lombok memang the Hidden Paradisenya Indonesia. Ada banyak hal menarik dan sekaligus berbagai macam tempat wisata yang tak boleh dilewatkan untuk masuk di daftar tujuan wisata ketika Anda liburan di pulau Lombok.

Dijamin, liburan di Lombok akan sangat sempurna dengan bertandang ke berbagai macam tujuan wisata yang ada disana. Utamanya wisata laut, Lombok adalah surganya. Selain menjadi surga wisata, Lombok juga merupakan pulau yang cocok menjadi tujuan wisata kuliner.

Muat Lebih

Loading...

Ada berbagai macam wisata kuliner khas Lombok yang harus masuk daftar wisata kuliner di Lombok. Apa sajakah rekomendasi wisata kuliner khas Lombok bagi Anda yang sedang liburan di Lombok?

Berikut daftar selengkapnya yang perlu Anda tahu. Check these out!

Wisata kuliner plecing kangkung

Plecing kangkung merupakan sajian masakan khas masyarakat Lombok yang terbuat dari kangkung khas Lombok. Wisata kuliner plecing kangkung terbuat dari kangkung Lombok yang memiliki tekstur agak besar dan cita rasa lomboknya berbeda.

Cara pembuatan plecing kangkung juga sangat mudah. Caranya yaitu dengan Anda merebus kangkung sampai benar – benar matang dan suir – suir memanjang. Setelah itu campur dengan sambal tomat
yang pedas.

Bumbu sambal tersebut adalah cabai rawit merah, garam, penyedap rasa, terasi Lombok, tomat, dan juga bersama perasan air jeruk purut. Cita rasa terasi Lomboknya membuat rasa sambal ini sangat nikmat ketika disantap bersama dengan nasi putih.

Plecing kangkung dapat Anda nikmati dengan sensasi rasa pedas yang pastinya sangat sulit dilupakan.

Wisata kuliner sate bulayak

Wisata kuliner di Lombok juga ada yang bernama sate bulayak. Makanan khas Pulau Lombok terdiri atas sate dan juga bulayak. Bulayak memiliki tekstur seperti ketupat namun dengan bentuk bulat memanjang.

Keunikannya adalah bungkus dari bulayak yang bukan dari daun pisang atau dari daun kelapa melainkan berasal dari daun aren. Sate bulayak memiliki cita rasa khas yang akan membuat Anda merasa sempurna.

Ciri khas dari bumbu sate bulayak memanfaatkan bumbu khusus yang dimasak bersama campuran santan kental dengan kemiri. Sate ini bisa ditemukan dimana saja.

Anda bisa mendapatkan kuliner sate bulayak di jalan Udayana kota Mataram, di sekitar Taman Hutan Suranadi, dan juga di pantai Senggigi banyak yang menjual.

Wisata kuliner sate tanjung

Wisata kuliner sate tanjung merupakan sate ikan dengan cita rasa yang sangat nikmat. Bumbu yang digunakan adalah bumbu khas dengan cita rasa pedas manis yang sempurna. Sate tanjung sendiri disajikan bersama lontong, urap sayur atau plecing kangkung.

Sate tanjung memiliki ciri khas dan keunikan dimana tata cara sajinya diatas opak yang dibuat dari bahan singkong. Sate tanjung ini adalah salah satu sate idaman masyarakat Aceh dan para wisatawan. Anda bisa menemukan plecing kangkung di sekitar daerah tanjung, Lombok Utara,

Wisata kuliner ayam taliwang

Wisata kuliner ayam taliwang merupakan salah satu wisata kuliner Lombok yang sangat terkenal. Ayam utuh yang dilumuri dengan bumbu khas kemudian digoreng atau dibakar juga akan Anda temukan. Terdapat banyak restoran ayam taliwang yang bisa Anda temukan utamanya di wilayah saying sayang kota Mataram.

Anda tak hanya bisa membeli kuliner ini di Lombok, khususnya bagi Anda yang berada di luar Lombok dan tak bisa ke Lombok Anda bisa membuat sendiri ayam taliwang. Bahan – bahannya yang Anda perlukan yaitu :

  • Ayam kampung 1 ekor
  • Jeruk limau 2 buah
  • Minyak goreng dan garam

Ada beberapa bumbu halus yang juga perlu Anda siapkan yaitu :

  • Cabai merah besar 6 buah
  • Cabai rawit 10 buah
  • Bawang merah 14 siung
  • Bawang putih 7 siung
  • 2 buah tomat
  • 1 sendok teh terasi
  • 5 cm kencur
  • 2 sendok teh gula merah
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Kaldu ayam bubuk

Cara membuat ayam taliwang sangat mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama cuci bersih dagingnya
  • Setelah Anda cuci, lumuri dengan air jeruk dan garam. Diamkan kurang lebih sekitar 20 menit.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai benar – benar harum.
  • Untuk menghaluskan bumbu, upayakan agar Anda menghaluskan dengan cobek agar cita rasanya semakin sedap.
  • Oleskan bumbu yang telah ditumis ke daging ayam secara merata dan oleskan sampai bagian dalam ayam.
  • Panggang daging ayam sampai matang dan empuk agar daging ayamnya matang sempurna. Tusuk sampai daging ayam bagian dalam
    menggunakan pisau dan kalau sudah matang, sajikan.

Wisata kuliner nasi sukaraja

Wisata kuliner nasi sukaraja ini merupakan nasi campur yang bisa ditemukan di desa Sukaraja, Ampenan, kota Mataram. Satu porsi nasi campur terdiri atas berbagai lauk yang Anda bisa pilih.Menu khas suku sasak yang membedakan adalah campuran olah – olah.

Olah – olah ini merupakan sayuran yang dimasak dengan bumbu khusus dan diberi santan yang kental. Nasi sukaraja sendiri sangat disukai karena masih mempertahankan cara memasak tradisional dengan tungku tanah dan kayu bakar.

Wisata kuliner nasi balap puyung

Menu nasi balap puyung secara tampilan memang tidak begitu istimewa. Hanya saja, nasi balap puyung hanya berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering dan abon serta belut goreng.

Kekuatan makanan ini terletak dari cita rasa pedas bumbunya yang sederhana. Nasi Puyung berasal dari kabupaten Lombok Tengah dimana secara tepat berada di Desa Puyung. Pertama kali kuliner ini diperkenalkan oleh Inaq Esunyang berbeda dengan nasi khas dari daerah yang lain.

Itulah berbagai wisata kuliner khas Lombok yang Anda harus cicipi. Dapatkan cita rasa yang sempurna dari wisata kuliner diatas.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait