Wisata Kuliner Belitung, Mie Atep Langganan Para Artis

  • Whatsapp
Wisata Kuliner Belitung, Mie Atep Langganan Para Artis
Wisata Kuliner Belitung, Mie Atep Langganan Para Artis

detikTravel Community – Berwisata ke Belitung, tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas yang satu ini. Inilah Mie Belitung Atep yang kaya akan rasa.Jelajah rasa di Belitung ternyata cukup mengejutkan. Jika selama ini banyak orang mengecap Jogja sebagai kota dengan makanan yang serba manis, mereka salah. Mereka hanya belum pernah menginjakkan kaki di Belitung saja.

Muat Lebih

Loading...

Hari terakhir sebelum pulang ke Batam aku menyempatkan diri untuk menikmati Mie Atep. Mie kuning dengan kuah kaldu udang yang nyamleng ini tak ubahnya magnet yang menarik perhatian banyak pengunjung Belitung untuk datang. Sekilas ia mirip bakmi jawa, namun irisan kentang rebus, tahu dan udang menjadikannya berbeda.

Mie Atep lahir dan meramaikan dunia kuliner Indonesia sejak tahun 1973. Terletak di Jalan Sriwijaya, kedai Mie Atep ini mudah disambangi lantaran tak jauh dari pusat kota. Tak sampai sepuluh menit berkendara dari Tugu Batu Satam, pengunjung sudah langsung tiba di parkirannya.

Nyonya Atep menyambut kedatanganku pagi itu. Dengan ramah beliau menanyakan pesanan, “Mau makan apa?”. Menu di kedai Mie Atep tak banyak, hanya ada mie belitung dan nasi tim saja. Sudah pasti mie belitung yang kupesan karena makan makanan dari tempat ia berasal masih menjadi motto perjalananku.

Sembari menunggu, kuperhatikan sekeliling kedai makan yang layoutnya khas kedai makan peranakan. Ada yang menarik perhatianku. Jajaran bingkai foto membentuk garis aksen memanjang di kedua sisi dindingnya. Setelah dilihat lebih dekat, bingkai-bingkai itu merekam momen Tuan dan Nyonya Atep bersama banyak pejabat dan artis-artis ibukota. Lebih mengejutkannya lagi, ada satu foto yang mengabadikan momen di mana Mantan Presiden Megawati tengah menikmati sedapnya Mie Atep bersama sang adik.

Tak berapa lama, mie kondang pesananku datang. Di atas piring beralas daun simpor, mie kuning rebus beserta lauk pelengkapnya tersaji panas, tanda kalau memang ia baru saja dimasak. Aroma kaldu udang yang khas pun ikut menguar, mengundang rasa lapar. Tak sabar, langsung saja kucicipi kudapan lokal semi peranakan tersebut. Memang nikmat benar. Mie kuning kenyal bersama uborampenya menjadi paduan yang pas, menendang lidah.

Aku sudah bersiap-siap untuk menerima manisnya kuliner Belitung. Namun ternyata, rasa manisnya tak segila ketika aku makan di tempat lain. Memang masih mendominasi, namun gurihnya kaldu udang menjadikan rasanya seimbang.

Mie Belitung Atep tak lengkap rasanya jika tak disajikan bersama dengan es jeruk kunci segar. Ditambah lagi dengan cuaca di Belitung tengah hari yang panasnya bukan kepalang. Nah, petualangan rasa siang itu kututup dengan menyeruput segelas es jeruk kunci yang sebenarnya tak pernah cukup kalau cuma segelas saja.

MIE ATEP BELITUNG

Jl. Sriwijaya no. 27, Kelurahan Kampung Parit, Tanjung Pandan, Belitung

Jam buka : 8.00 – 20.00 WIB

Harga    : Rp 18.000/porsi

 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait