Tips dan Panduan Transportasi ke Bali Tanpa Naik Pesawat

  • Whatsapp
Tips dan Panduan Transportasi ke Bali Tanpa Naik Pesawat
Tips Dan Panduan Transportasi Ke Bali Tanpa Naik Pesawat

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Tari Kecak yang dibawakan oleh sekitar 70 laki-laki bertelanjang dada di pelataran Pura Uluwatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (6/9/2018). Dengan membayar tiket sebesar Rp 100.000 selama 1 jam wisatawan dapat menyaksikan cerita Ramayana di tempat yang magis ini. Mantapps.com/I MADE ASDHIANA

Mantapps.com – Jika Anda berencana menyambangi Pulau Bali dalam waktu dekat tetapi terbentur dengan tarif tiket pesawat yang mahal, tenang saja.

Muat Lebih

Datang ke Bali tanpa menggunakan pesawat bisa dilakukan dengan naik bus jurusan Jakarta-Bali. Hanya saja lama perjalanan yang ditempuh memakan waktu cukup lama, yakni sekitar 24-30 jam tergantung kondisi jalan dan bus yang digunakan.

Untuk mengakali hal ini, menuju Bali bisa dilakukan dengan menggunakan jalur darat yakni kereta api yang kemudian disambung dengan jalur laut.

Nah, berikut Kompas Travel mencoba memberikan panduan dan tips cara menuju Bali tanpa perlu menggunakan pesawat

1. Naiklah kereta menuju ke Surabaya

Hal pertama yang Anda lakukan adalah mencari kereta dengan rute Surabaya. Anda bisa naik kereta  ekonomi, demi menghemat perjalanan naiklah kereta Gaya Baru Malam Selatan yang berangkat dari staiun Pasar Senin.

Untuk tarif kereta ini sebesar Rp 104.000. Perjalanan nantinya membutuhkan waktu sekitar 15 jam.

2. Lanjutkan perjalanan ke Banyuwangi

Dari Surabaya Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Banyuwangi Baru dengan menggunakan kereta Probowangi yang bertarif Rp 56.000.

Perjalanan menggunakan kereta ini berkisar antara 7 jam lebih 15 menit.

3. Datanglah ke Pelabuhan Ketapang

Pemudik menggunakan sepeda motor saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mantapps.com/Ira Rachmawati© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Pemudik menggunakan sepeda motor saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mantapps.com/Ira Rachmawati

Dari stasiun Banyuwangi Baru Anda bisa berjalan kaki ke Pelabuhan Ketapang selama sekitar 10 menit. Jarak yang ditempuh tidaklah terlalu jauh hanya berkisar 500 meter.

4. Menyeberang ke Gilimanuk

Dari Pelabuhan Ketapang, selanjutnya Anda akan menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali menggunakan kapal feri. Lama perjalanan menggunakan kapal feri adalah sekitar 45 menit dengan tarif Rp 6.500.

Setelah sampai ke Gilimanuk, selanjutnya Anda bisa naik bus ataupun ojek untuk melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat yang Anda inginkan selama di Bali.

Tips Datang ke Bali tanpa pesawat

Karena nantinya total waktu perjalanan yang Anda butuhkan sekitar 22 jam, sebaiknya Anda membawa bekal makan dan minum. Bawalah pula pakaian dan barang secukupnya, supaya ketika berpindah dari transportasi satu ke transportasi lain, Anda tidak kerepotan.

Persiapkan fisik sebaik mungkin, dan rencanakan tempat-tempat mana saja yang akan Anda datangi nantinya selama berlibur di Bali.

Guna menghemat perjalanan, carilah penginapan-penginapan dengan budget murah namun tetap selalu perhatikan fasilitas yang ditawarkan, beserta pertimbangan jarak lokasi dengan tempat-tempat yang Anda tuju.

Ada baiknya selama di Bali, Anda mencari persewaan sepeda motor, supaya puas berkeliling Bali tanpa pusing memikirkan transportasi apa yang akan digunakan

Penulis: Nur Rohmi Aida

Editor: Wahyu Adityo Prodjo

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait