Teman Makan Terbaik Tiap Jenis Teh

  • Whatsapp
Teman Makan Terbaik Tiap Jenis Teh
Teman Makan Terbaik Tiap Jenis Teh

Minum teh hangat enaknya dengan pisang goreng. Ada juga yang mengonsumsinya dengan biskuit kelapa. Tapi sebenarnya berbeda jenis teh, berbeda pula kudapan yang menyertainya.

Muat Lebih

Loading...

Head of Tea Procurement, Nunung Dwiputra, menjelaskan tea pairing atau pasangan teh sudah lama ada. Terutama dari Inggris, daerah-daerah yang peminum tehnya intens.

“Jadi kalau di Inggris sarapan dengan roti menggunakan black tea yang lebih light. Kalau sarapan dengan telur atau bacon dia akan menggunakan black tea yang strong,” jelasnya.

Dalam tea pairing menurut Nunung konsepnya adalah harmonisasi atau kesamaan aroma, antara aroma teh dan aroma makanan itu sendiri. “Harmonisasi itulah yang membuat ini jadi cocok, serasi tidak tabrakan, tidak tumpang tindih aroma satu dengan lainnya,” ujarnya.

Nunung menjelaskan untuk black tea, cocok dengan makanan yang berminyak atau berat. Karena black tea menyebabkan hasil fermentasinya atau rasanya skuat dan penuh. 

© Pixabay
Teh akan lebih nikmat diminum bersama sepotong kue kering.
“Sehingga akan cocok dengan makanan yang rasanya kaya juga yang aromanya kompleks, dan juga karena dia ada sifat aroma sedikit roast, aroma berminyak, gorengan, akan cocok dan serasi dengan gorengan,” paparnya.

Selain itu, secara general black tea ada kandungan tearugibin. Tearugibin itu bagus untuk kolesterol jahat atau LDL. Zat ini mengikat lemak jahat. Jadi di makanan yang ada kolesterolnya bisa diikat oleh teh hitam.

Untuk green tea, yang rata-rata sifatnya digoreng atau dioseng sehingga menimbulkan aroma roasted. Teh ini cocok untuk makanan yang sama-sama dipanggang misalnya kentang goreng yang dimasak dengan minyak banyak. Jadi ada kesamaan atau harmonisasi aroma.

Untuk green tea yang tipe steam atau yang salah satu pemrosesannya dengan steaming terutama tipe Japanese green tea cocok dengan makanan ikan atau makanan laut yang memiliki kesamaan aroma.

Untuk black tea dengan vanila, aroma vanila lebih manis, cocok untuk pairing dengan makanan yang mengandung cokelat dan susu. Vanila ini seperti menggandeng cokelat dan susu.

“Itu cocok, jasmine tea, jasmine green tea kita itu antara green tea roasted dengan aroma jasmine cocok dengan aroma makanan sweet karamel akan berpadu,” tambahnya.

Terakhir untuk jenis teh susu atau milk tea, teh dengan susu. Karena mengandung susu akan lebih cocok dengan makanan mengandung susu, seperti butter, keju, cookies dengan keju. Ada harmonisasi aroma yang saling menguatkan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait