Sie Reuboh Masakan Wajib di Hari Meugang

  • Whatsapp


Oleh: Hendri

Rencongpost.com, Aceh- Ketika memasuki hari Meugang, menu masakan daging rebus atau dalam Bahasa Aceh Sie Reuboh selalu disajikan oleh warga Aceh Besar. Kuliner khas Aceh Rayeuk itu berisi daging semua dan telah terwariskan secara turun-temurun dan hingga sekarang masih terasakan.

Di kabupaten Aceh Besar, sie reuboh sudah dijadikan sebagai masakan wajib saat tiba Meugang, untuk simpan dan dimakan pada bulan Ramadhan, karena kuliner khas ini dapat bertahan hingga satu bulan lamanya.

Kuliner yang dibuat dari gumpalan daging berserta gapah yang dibumbui oleh garam, cabe merah, cabe kering, cabe rawit, kunyit, asam cuka. Lalu dimasak dengan cara direbus hingga medidih dengan mengunakan belanga tanah tanpa disiram air, lalu setelah itu jadilah sie reuboh.

Biasanya kuliner ini dijadikan sebagai santapan dengan cara disayat sebagai lauk berbuka puasa dan sahur.  Juga ada yang mengolah Sie Rebus sebagai sie goreng istilahnya yang mirip rendang, dimasak lemak, dibuat kuah asam keung khas Aceh dan bisa juga dijadikan semacam abon.

Oleh karena itu, tidak sedikit warga Aceh dalam menjalankan  tradisi Meugang membeli daging dengan jumlah banyak untuk disimpan. (Hen)



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait