Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkol

  • Whatsapp
Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkol
Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang Yang Berbahan Jengkol

Tumbuhan berbau menyengat ini dikenal sebagai Dog-fruit di kawasan Eropa. Kendati demikian, jengkol yang memiliki nama latin Archidendron pauciflorum tersebut termasuk tumbuhan jenis polong-polongan yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara.

Apalagi di Indonesia, jengkol memang sudah menjadi santapan yang membuat ketagihan. Misalnya saja di ranah Minang, dengan olahan jengkol alias jariang ke dalam ragam makanan berikut.

Muat Lebih

Loading...

1. Randang Jariang

gulalives.co

Bahan baku untuk membuat rendang rupanya tak hanya berkutat pada daging sapi saja. Pasalnya, rendang dapat pula diolah dari daging ayam, telur, bahkan jengkol. Aroma menyengat jengkol diminimalisir dengan cara merendamnya di dalam daun jeruk atau kapur sirih. Citarasa yang disuguhkan pun gurih, empuk, dan pedas ala rendang pada umumnya.

2. Kalio Jariang

Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkoltwgram.me

‘Kalio’ dikenal juga dengan ‘rendang setengah jadi’ sebab kuah gulainya yang memang tak dimasak hingga kering ala rendang. Selain itu, warna kuahnya pun lebih kecokelatan, serta memiliki tekstur yang lebih kental.

3. Gulai Jariang

Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkolcookpad.com

Sekilas, Gulai Jariang tampak mirip dengan Kalio Jariang. Kendati demikian, kuah pada Gulai Jariang tak memiliki tekstur yang kental seperti pada Kalio jariang, dan warnanya pun lebih kekuningan. Selain itu, Gulai Jariang lazimnya dipadukan dengan daun singkong alias pucuak ubi dalam bahasa Minang.

4. Samba Lado Jariang

Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkolresepkoki.id

Orang Minang memang dikenal penyuka pedas, oleh sebab itu sajian samba lado (Sambal cabai dalam bahasa Indonesia) adalah hal yang sangat lazim terhidang di meja makan. Salah satu kreasinya yakni Samba lado jariang, yang menggunakan jengkol goreng, dan dicampur dengan cabai.

5. Karupuak Jariang

Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkolsteemit.com

Karupuak Jariang alias Kerupuk Jengkol merupakan panganan pendamping yang sedap dilahap bersama gulai. Proses mengolahnya pun terbilang tak rumit. Jengkol yang sudah agak tua lantas digoreng hingga kulit arinya terbuka, kemudian ditiriskan dan dipukul hingga pipih lagi tipis, dijemur sampai kering, lalu digoreng kembali dengan menambahkan sedikit garam.

Makanan mana saja nih yang sudah kamu cicipi, jengkol mania?

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait