Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah: Festival Ramadhan Harus Bisa Viral  ke Luar Negeri

  • Whatsapp

Oleh: Hendri

Rencongpost.com, Aceh – Festival Ramadan 2019 di Banda Aceh resmi di buka oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Selasa  (7/5). Di sana masyarakat Aceh dapat menikmati serta memperoleh jajanan sehat sekaligus makanan khas bulan puasa sesuai yang dibutuhkan.

Festival itu berlangsung di taman budaya, sejak sore mulai di padati pengunjung yang ingin berburu takjil. Puluhan stand kuliner berjejer menyajikan beragam makanan.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutannya mengatakan, Festival Ramadan ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang dilakukan pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1440 H.

Datangnya bulan suci ini, kata Nova, harus mampu memberikan keberkahan untuk semua masyarakat Aceh, terutama masyarakat yang menggerakkan ekonomi kecil menengah. Kegiatan ini pun, sebutnya, sebagai bentuk menggelorakan semangat syariat Islam yang kerap selama ini dipandang sebagai penghalang dunia kepariwisataan.

“Syariat Islam itu bukan halangan. Saya yakin sekali, melalui penerapan itu, kita bisa menjalankan pariwisata yang sesuai dengan tatanan masyarakat kita di sini. Tidak perlu minder,” ujarnya.

Nova berharap Festival Ramadan 2019 ini harus viral di masyarakat dalam dan luar Aceh. “Menikmati kuliner dan beragam suguhan acara di festival ini harus bisa viral sampai ke luar. Agar tahun depan benar-benar famous (terkenal),” paparnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin menyebutkan, festival ini diikuti sebanyak 24 stand kuliner dan 16 stand non-kuliner. Rerata stand diisi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah.

“Melalui wadah ini, kita ingin membantu masyarakat dan sekaligus memfasilitasnya mendapatkan takjil yang sehat dan jarang ada di tempat lain,” sebutnya.

Festival Ramadan 2019 masuk dalam 10 top event di Aceh. Acara ini berlangsung selama dua pekan ke depan. Selain beragam kuliner, acara juga diisi dengan berbagai suguhan atraksi seni. Acara di mulai pukul 16.00 sampai 20.00 WIB. Lepas tarawih, masyarakat kembali bisa datang ke festival Ramadan pukul 21.30 sampai selesai. (Hen)

Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait