Pasar Ramadhan di Buntok Jadi Ajang Wisata Kuliner

  • Whatsapp

BUNTOK, Pasar Ramadhan di Buntok ibu kota Kabupaten Barito Selatan (Barsel), tidak hanya menjadi tempat berbelanja persiapan buka puasa, tetapi juga jadi ajang wisata kuliner.

“Hampir semua kue tradisional ada, kalau di luar Ramadhan jarang ada yang jual kue-kue seperti itu, hanya saat bulan puasa seperti ini banyak yang menjualnya. Makanya mumpung ada yang jual, puas-puasin saja makannya,” kata Wahyu Iskandar kepada Kanalkalimantan.com, warga Buntok, saat berbelanja di Pasar Ramadhan Buntok, Senin (6/5).

Hampir semua jenis kue tradisional disediakan pedagang. Seperti berbagai jenis bingka, kue lapis, putu mayang, amparan tatak dan bahkan hingga olahan dari warga Hulu Sungai Kalsel, yang dijual dengan harga berkisar antara Rp15.000 hingga Rp45.000 per kue ukuran sedang.

Tidak hanya umat muslim, pembeli yang datang sebagian juga merupakan non-nuslim yang sudah menganggap tradisi Pasar Ramadhan menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat Buntok yang sudah ditunggu-tunggu setiap datangnya Ramadhan.

“Hampir semua kue tradisional ada disediakan. Ini bisa menjadi wisata kuliner bagi masyarakat kita dan tamu dari luar daerah,” kata Minah salah satu pedagang kue di Pasar Ramadhan Buntok.

Minah menambahkan, dengan masa setahun sekali tentu saja momen pasar Ramadhan ini selalu ramai dikunjungi para pelanggan, mengingat semua hidangan tersedia dari jajanan modern hingga tradisional.

“Sehingga momen ini bukan hanya digemari oleh para muslim saja selain itu juga non muslim turut serta ikut berburu jajanan di pasar Ramadhan ini,” pungkas Minah. (digdo)

Reporter:Digdo
Editor:Cell

Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait