Mudik Ke Solo, Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Ini

  • Whatsapp

Mantapps.com – Saat mudik ke Kota Solo mencicipi ragam kuliner khas merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan. Di sini, beragam kuliner penggugah selera dapat dengan mudah ditemukan di warung pinggir jalan hingga kafe di berbagai sudut kota.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengakui jika kuliner Solo memiliki cita rasa khas. Selain itu, harga yang ditawarkan pun cukup ramah di kantong. Karena itu, tak heran jika banyak yang selalu ingin mencicipi kembali sajian khas Kota Bengawan itu.

Kuliner Solo sangat merakyat dan dicintai semua kalangan. Bahkan, Presiden Joko Widodo pun punya langganan dan selalu menyempatkan diri untuk mencicipi makanan favoritnya setiap kali pulang ke Solo, termasuk saat di #PesonaMudik2019,” ujar Menpar di Jakarta, Rabu (8/5/2019), seperti dalam keterangan tertulisnya. 

Lantas, apa saja kuliner unggulan Kota Solo yang bisa dinikmati di kala libur mudik kali ini? Berikut beberapa di antaranya versi Trip Advisor.

Soto Gading

Presiden Jokowi sudah menjadi pelanggan Soto Gading sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Rumah makan soto yang sudah berjualan sejak 1974 ini berlokasi di Jl. Brigjen Sudiarta No.75, Kota Solo.

Sajian yang pertama kali dibuat oleh Siswo Martono ini memiliki kuah kental dari kaldu ayam bening. Isinya ada soun, suwiran daging ayam, irisan bawang goreng, dan daun seledri. Sebagai pelengkap, disediakan juga beragam sate, perkedel, tahu, dan tempe.

Bebek Goreng H. Slamet

Bagi penggemar olahan bebek, nama H. Slamet tentu sudah sangat familiar. Berdiri sejak 1986, usaha kuliner ini tetap konsisten mengusung menu bebek goreng yang terkenal garing, empuk, tidak terlalu berminyak dan tidak amis. Di Solo, warung bebek goreng ini bisa dijumpai di Jl. Bhayangkara No.39B.

Kafe Tiga Tjeret

Kafe Tiga Tjeret merupakan angkringan yang dikemas dalam konsep kafe. Kabarnya, nama Tiga Tjeret terinspirasi dari angkringan yang biasanya menyediakan tiga ceret di atas anglo.

Berlokasi di Jl. Ronggowarsito No. 97, Ngarsopuro, Solo, di sini pecinta kuliner bisa menikmati sajian nasi oseng kikil, nasi terik daging, nasi bandeng, dan berbagai menu lainnya.



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait