Melihat Usaha Pembuatan Bubur Khas Banjar, Berharap Jadi Kuliner Wajib Menjamu Tamu

  • Whatsapp
Melihat Usaha Pembuatan Bubur Khas Banjar, Berharap Jadi Kuliner Wajib Menjamu Tamu
Melihat Usaha Pembuatan Bubur Khas Banjar, Berharap Jadi Kuliner Wajib Menjamu Tamu

Mantapps.com – Makanan khas Banjar, utamanya beragam jenis bubur masih terus eksis dan tak kehilangan penggemar. Pembuat aneka bubur ini pun berharap menu buatannya bisa jadi makanan wajib di instansi pemerintahan.

Muat Lebih

Waktu menunjukkan pukul 06.00 Wita saat matahari masih malu-malu menunjukkan sinarnya. Namun aktivitas sebagian warga Kota Banjarmasin sudah terlihat sibuk. Salah satunya di kediaman Susi Handayani (43) di Jalan Dharmawangsa, Beruntung Jaya.

Dibantu sekitar empat orang tenaga kerja yang masih kerabat dekatnya, Susi, sudah memulai aktivitas membuat aneka bubur khas Banjar.

Setidaknya ada delapan varian bubur tradisional yang dia buat untuk dijual di kios depan rumahnya. Bubur baayak, bubur rendang, bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur gunting, bubur ketan hitam, dan bubur hintalu karuang adalah produk yang dibuatnya.

Baca: Ayu Ting Ting Kalahkan Syahrini, Agnez Mo dan Rossa! Ini Daftar Penyanyi Indonesia Bertarif Termahal

Baca: 10 Tahun Minum Air Kencing di Pagi Hari, Bikin Vicky Burki Jadi Begini

Baca: Demi Layani Warga Pedalaman Papua, Mantri Patra Bertahan Hingga Meninggal Kehabisan Makanan dan Obat

Baca: Rencanakan Gelar Pilkada Ditanggal 23 September 2020, Ini Alasannya Diungkap Ketua KPU RI

Sebelum siap dipasarkan, kuliner bubur tersebut melewati proses pembuatan yang cukup panjang. Susi bersama karyawannya membuat delapan varian rasa bubur khas Banjar, kurang lebih 2 jam bubur pun siap dijual.

“Semua bubur memiliki proses pembuatan yang berbeda. Bubur baayak misalnya, untuk gulanya harus direbus dulu baru dibikin adonan untuk bubur baayaknya, bahannya dari tepung beras dan tepung gandum. Membutuhkan waktu kurang lebih satu jam,” kata Susi.

Di antara delapan bubur tersebut, diakuinya bubur hintalu karuang paling banyak peminatnya. Selain itu bubur berbentuk bulat ini juga paling rumit proses pembuatannya.

Konsumen yang ingin memesan dalam jumlah banyak, harus memesan satu hari sebelumnya. Sebab untuk membuat bulatan buburnya membutuhkan waktu yang lama.

Bubur sumsum juga demikian, proses pengadukan santan dan tepung dilakukan kurang lebih satu jam hingga matang. Adapun bahan yang dipergunakan yakni tepungnya sebanyak 1,5 kilogram (kg) dan santan 2 kg.

Adapun keistimewaan bubur olahannya karena menggunakan gula merah asli dari daerah hulu sungai. Selain itu takaran santan yang digunakan tidak pelit dan memasaknya pun benar-benar tanak sehingga bubur lebih gurih dan tahan lama meskipun tanpa pengawet.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait