LRT Jakarta Siap Beroperasi

  • Whatsapp

Mantapps.com – Sesuai hasil persyaratan teknis dan admistrasi, Light rail transit (LRT) Jakarta telah siap beroperasi. Hal ini disampaikan langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebelumnya, LRT Jakarta dijadwalkan beroperasi pada Agustus 2018 atau bersamaan dengan pelaksanaan Asean Games 2018. Hanya saja, pengoperasian ditunda karena pembangunan belum selesai.

Muat Lebih

Menurut Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nur Salam, hasil persyaratan teknis dan administrasi dari Kemenhub memutuskan LRT Jakarta siap untuk dioperasiksn.

Kemenhub sendiri memiliki kewenangan terhadap LRT Jakarta berupa penerbitan sertifikasi kelaikan sarana LRT, penerbitan sertifikasi prasarana yang dimulai dengan tahap rekomendasi teknis, dan penilaian aspek keselamatan operasional, supervisi Standar Operasional Procedure (SOP).

Selain itu, Kemenhub berwenang juga pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan standar keselamatan operasional LRT Jakarta, supervisi simulasi keadaan darurat, supervisi dokumen Sistem Manajemen Keselamatan Perkeretaapian (SMKP).

Edi menjelaskan proyek dengan panjang rel 5,8 kilometer inj juga dapat dioperasikan secara fungsional. Hal itu sesuai dengan hasil rekomendasi teknis prasarana yang dikeluarkan Kemenhub.

Sementara itu, dihubungi terpisah Direktur Proyek LRT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengungkapkan saat ini pihaknya masih menunggu dikeluarkannya izin usaha serta izin operasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Contributor: Mantapps

Pos terkait