Labuh Laut Sarung Sembonyo dan Workshop bersama Nelayan Bangkalan

  • Whatsapp
Labuh Laut Sarung Sembonyo dan Workshop bersama Nelayan Bangkalan
Labuh Laut Sarung Sembonyo Dan Workshop Bersama Nelayan Bangkalan

Mantapps.com – Mataram Paint, EMCO, bekerjasama dengan Kolam Ikan Creative Communication menginisiasi kembali penyelenggaraan workshop atau pelatihan bagi para istri nelayan, yang sudah lama vakum.

Workshop ini bertujuan untuk memotivasi dan memberi solusi, tidak hanya mengenai bagaimana cara inovatif dalam mengolah bahan makanan dari ikan, tetapi juga mencari solusi berkaitan dengan distribusi dan pemasarannya.

Muat Lebih

Loading...

Dengan demikian, jika para istri nelayan ini menjadi lebih produktif, akan dapat membantu meningkatkan pendapatan dan ekonomi keluarga.

Menghadirkan sosok inspiratif, Irayati , pelaku UMKM asal Madura yang sukses mengolah produk makanan yang berasal dari bahan baku ikan, terutama ikan tripang.

Usaha yang sudah dirintisnya lebih dari 10 tahun lalu ini, menjadi jadi salah satu ikon kuliner di Bangkalan, Madura. Beragam jenis makanan turunan dari ikan berhasil diolahnya menjadi lebih menarik dan bercita rasa.

Sebutlah rengginang kepiting, dan terasi berbentuk bubuk, yang dikemas dengan sangat kreatif dan inovatif. Produknya ini bahkan telah menarik perhatian para eksportir dari negeri kincir angin, Belanda.

Selain sebagai pengusaha, Ira adalah seorang guru SD yang sudah 36 tahun mengajar, mengabdikan hidupnya untuk mendidik generasi penerus bangsa ini. Dan di usianya yang kini sudah memasuki angka 56 tahun, Ira masih tetap enerjik.

Selalu siap membantu menularkan ilmu, meski kadang dia harus pergi ke luar kota, menempuh jarak cukup jauh dari Bangkalan, Madura, tempat tinggalnya.

Workshop yang berlangsung pada Senin, 21 Juli 2019 tersebut, mendapat sambutan yang sangat baik dari para istri nelayan Prigi. Sebanyak 30 orang peserta hadir dan aktif mengikuti pelatihan, dengan fokus pada variasi pengolahan makanan berbahan dasar ikan.

“Saya senang sekali dengan adanya pelatihan ini. Saya memang ingin membuka usaha kuliner. Semoga bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga saya nantinya,” ungkap Nurhidayati, peserta workshop.

Sementara itu, bersamaan dengan acara pelatihan ini, sebuah hajatan besar bertajuk ‘Labuh Laut Larung Sembonyo 2019’, tengah berlangsung di Prigi ini.

Rangkaian acara dimulai dari tgl 21 sd 24 Juli, menampilkan beragama acara, seperti Mancing Mania, Santunan Anak Yatim, penampilan seni tradisional Tayub dan Jaranan.

Dan kemudian berpuncak pada acara Labuh Laut Larung Sembonyo. Ada sekitar 15 kapal nelayan yang menggelar ritual, berupa pelarungan oborampe, yang terdiri dari beberapa jenis suguhan yang telah ditentukan oleh ketua Adat, untuk dilarung di tengah laut.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait