Kuliner Ramadan 2019, Opor Ayam Masih Favorit

  • Whatsapp
Kuliner Ramadan 2019, Opor Ayam Masih Favorit
Kuliner Ramadan 2019, Opor Ayam Masih Favorit

Opor ayam menjadi menu utama buka puasa pertama Ramadan 2019 di Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, Cina, Senin, 6 Mei 2019.

Muat Lebih

Mengutip Antara, selain opor ayam ada juga makanan lain yang melengkapi, yakni telur bumbu bali dan sate padang. Makanan lauk-pauk itu disantap dengan lontong atau nasi. Ada juga kolak ubi dan martabak yang menjadi hidangan pembuka. Sedangkan opor ayam merupakan kuliner Nusantara yang populer.

© Copyright (c) 2016 Mantapps.com
foto
Berikut beberapa yang membuat opor ayam semakin diminati.

Mudah dicari

Opor ayam termasuk kuliner yang banyak dijual di Indonesia. Atau juga warung yang menjual gudeg, opor ayam sebagai lauk yang melengkapi. Bahkan, banyak warung-warung yang menawarkan menu nasi campur atau nasi rames, yang menyediakan opor ayam sebagai pilihan lauk.

Hidangan Lebaran

Setiap Lebaran, hampir bisa dipastikan opor ayam selalu ada di meja makan. Opor menjadi semacam menu utama yang akan disantap dengan ketupat. Opor biasa dihidangkan dengan ketupat, sambal goreng kentang, dan sayur labu siam.

Perpaduan rasa dalam bumbu

Opor ayam yang menggunakan resep khas Jawa merupakan perpaduan manis dan gurih. Kuah opor umumnya berwarna putih. Bumbu opor pun cukup banyak. Adapun bumbu utama di antaranya ketumbar, kemiri, jintan, daun salam, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, dan kayu manis.

Mirip kari dan gulai

Opor, kari, dan gulai, sekilas memiliki tampilan yang mirip. Karena tiga makanan ini sama-sama menggunakan santan sebagai bahan utama untuk kuahnya. Aromanya opor, kari, gulai pun agak mirip. Untuk opor yang enak bisa menggunakan ayam kampung, karena tekstur daging dan rasanya gurih. 

BRAM SETIAWAN

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait