Komunitas : JCC Jadi Kumpulan Pelaku Usaha Kreatif di Jateng

  • Whatsapp
Komunitas : JCC Jadi Kumpulan Pelaku Usaha Kreatif di Jateng
Komunitas : Jcc Jadi Kumpulan Pelaku Usaha Kreatif Di Jateng

Mantapps.com — Industri kreatif tengah berkembang di Indonesia setelah terbentuknya sebuah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di tingkat nasional.

Muat Lebih

Tak mau kalah, pelaku usaha kreatif di Jawa Tengah juga ikut membentuk komunitas sebagai upaya bergandengan tangan agar industri kreatif dapat terus berkembang.

Sedikitnya 10 orang pelaku usaha kreatif yang difasilitasi Dinas Pemuda, Olaraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah kemudian membentuk ‎Java Creative Community (JCC) pada 3 Agustus 2017.

‎Menurut Ketua JCC‎, Skolastika Fitri Astuti Lestari mengatakan, industri kreatif tidak sama dengan usaha kecil menengah (UKM) pada umumnya.

Pasalnya industri kreatif lebih mengandung banyak unsur kreatif dan terbagi ke dalam 16 subsektor, di antaranya yakni film, seni, musik, fashion, fotografi dan‎ fashion.

“Dalam struktur komunitas ini divisinya juga terbagi sesuai subsektor masing-masing. Meski anggota sekarang sudah ada 100 orang, tapi masih ada subsektor yang belum ada, seperti radio dan arsitektur,” kata dia.

Fi, sapaannya menjelaskan, melalui komunitas JCC ini ‎masing-masing pelaku industri kreatif semakin berkembang. Sebab selama ini masing-masing pelaku usaha tersebut berjalan sendiri dan memiliki asosiasinya.

“Namun kami ingin menjadi satu komunitas, sehingga komunitas ini juga bisa mensejahterakan anggotanya,” ujar dia.

Saat ini, pihaknya konsentrasi untuk membuat badan hukum koperasi sebagai wadah untuk menaungi anggotanya. Pasalnya tidak semua pelaku industri tersebut memiliki kemampuan yang merata dalam hal finansial. Sehingga keberadaan koperasi tersebut bisa membantu anggota untuk bisa menjalankan produksi ataupun jasa.

“‎Sebenarnya sekarang ini pun sudah jalan, misalnya ada pelaku usaha mendapatkan tender. Tetapi karena belum punya CV, lalu pinjam dari teman nanti ada bagi hasilnya begitu,” ujar dia.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait