Klik Sangatta – Malang Strudel, Ikon Kuliner Kota Malang yang Tak Terlupakan

  • Whatsapp

Panganan khas dan lezat dari Jawa Timur, Malang Strudel. (int)

KLIKSANGATTA.COM – Strudel Malang adalah oleh-oleh khas kota Malang berupa kue berlapis terbuat dari pastry dan biasanya diisi oleh aneka buah-buahan. Sebenarnya strudel sendiri merupakan makanan populer sejak pada zaman Habsburg Empire tepatnya di Austria. Karena kepopulerannya, wajar jika makanan ini banyak digemari rakyat Jerman, Austria, dan beberapa negara di Eropa lainnya. Strudel sendiri terkenal sebagai kue berlapis yang diisi oleh buah apel di Eropa. Sedangkan di Jerman disebut sebagai apfel strudel.

Sampai suatu ketika, saat Shireen dan Teuku Wisnu berkeliling ke Eropa, keduanya pun sangat menyukai kuliner yang satu ini hingga Strudel pun dipilih sebagai oleh-oleh untuk teman-teman dan keluarganya di Indonesia. Akhirnya keluarga dan teman-temannya pun menyukai strudel. Lalu ketika Wisnu sering berkunjung ke Malang, ia pun berpikir bahwa Strudel Malang mungkin cocok sebagai oleh-oleh khas Malang. Mengingat Malang terkenal sebagai kota penghasil buah apel yang berkualitas. Kemudian Strudel asal Austria ini dimodifikasi menyesuaikan rasa lokal lewat racikan chef profesional. Sehingga jadilah aneka varian Malang Strudel dan dijual langsung di gerai pertama beralamatkan di Jalan Ardimulyo No.14 Singosari, Malang.

Pilihan Oleh-Oleh Khas Malang, Malang Strudel

Mungkin sebagian orang masih merasa asing dengan Strudel. Strudel merupakan pastry yang terkenal sebagai kue asli khas Austria. Kita tahu bahwa pastry adalah kue dengan adonan tepung yang dibuat secara berlapis, dari lapisan-lapisan yang ada terdapat lemak korsvet. Kandungan lemak inilah yang membuat lapisan strudel menjadi renyah dan gurih saat digigit. Jangan salah, untuk membuat adonan Malang Strudel ini diperlukan ketelatenan untuk menggilas adonannya. Ketelatenan ini lah yang membuat Malang Strudel memiliki rasa yang enak dan banyak yang menyukainya.

Di Negara asalnya sendiri di Austria, Strudel diisi oleh filling apel diolah bersama kayu manis, gula, dan kismis. Karena kandungannya itulah, rasa pastry yang renyah dan gurih akan dibalut dengan sentuhan rasa manis asam dari kismis dan apel, dengan aroma wangi yang berasal dari kayu manis. Seperti diketahui, memang masyarakat Eropa sangat menyukai aroma kayu manis pada kue-kue yang mereka buat.

Lalu, bagaimana dengan Malang Strudelnya khas Kota Malang? Kue strudel khas Malang merupakan adaptasi kue Eropa menyesuaikan lidah orang Indonesia. Founder kue strudel khas Malang, Teuku Wisnu memanfaatkan buah apel manalagi yaitu buah apel asli dari kota Malang yang rasanya sedikit kecut. Hal ini lah yang membuat Malang Strudel memiliki rasa yang unik dan menjadi oleh-oleh khas Malang. Ya, kehadiran Malang Strudel sendiri semakin melengkapi oleh-oleh khas Malang, selain sari apel, keripik tempe, dodol apel, serta keripik singkong dan buah.

 Malang strudel sendiri terdiri dari 7 varian rasa dengan filling berbeda yaitu pisang coklat, apel, mix fruit, jeruk, nanas, strawberry, dan keju. Strudel ini memang berbeda dari strudel Austria, memiliki filling yang lebih padat karena terinspirasi dari jenang atau dodol apel. Salah satu keunikan rasa strudel ini adalah isian yang manisnya pas. Aroma kayu manisnya pun terasa, dengan kismis yang lumayan banyak, sehingga membuat tiap gigitannya terasa enak. Penasaran dengan rasanya? Anda dapat membelinya ketika berkunjung ke Malang, namun sebelum itu anda juga bisa mendapat informasi maupun review mengenai Malang Strudel di Traveloka.

Varian Terbaru Malang Strudel

Ada varian rasa terbaru dari Malang Strudel, salah satunya adalah varian rasa ubi ungu atau telo ungu. Telo yang memiliki warna eksotis dan rasa yang unik. Pada varian terbaru ini anda akan merasakan rasa yang legit, karena ada beberapa potongan ubi ungunya yang terdapat di filling Strudel tersebut. Rasanya memang tak terlalu manis, tapi bisa dibilang sangat pas.

Selain rasa telo ungu, ada pula varian mangga. Untuk strudel varian mangga ini terdiri dari pure mangga yang dipadukan dengan maizena dan tepung terigu, dengan rasa dan aroma mangganya kuat. Filling mangga dibuat tak terlalu kental, melainkan memiliki tekstur creamy.

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Batu Malang atau ke kota Malang, bisa mampir untuk membeli Malang Strudel sebagai oleh-oleh Malang. Sangat cocok untuk oleh-oleh teman, saudara, maupun keluarga. (*)



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Loading...

Pos terkait