Kemenpar akan Kembangkan Wisata Kuliner dan Belanja di Kota Solo

  • Whatsapp

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

Mantapps.com, SOLO – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Deputi bidang pengembangan Destinasi Pariwisata, Asdep Pengembangan Destinasi Regional II, menggelar Focus Group Discussion (FGD), Rabu (8/5/2019) siang, di The Alana Hotel Solo.

FGD digelar untuk mengidentifikasi isu strategis dalam untuk penyusunan Desain Strategi dan Rencana Aksi (DSRA) Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja di Kota Solo.

DSRA Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja disusun bersama-sama dengan para pemangku kepentingan.

Mulai dari pemerintah, pelaku usaha pariwisata, media, akademisi, dan masyarakat. 

Pendekatan penyusunan DSRA sendiri dilakukan dengan pendekatan participatory planning.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng dan dilanjutkan dengan pemaparan singkat terkait Potensi Wisata Kuliner Belanja di Kota Solo oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan.

Sedangkan pada kesempatan kali ini, Asdep Pengembangan Destinasi Regional II, diwakili oleh Widayanti Bandia, Kabid Destinasi Area III.

“Aktivitas  wisata kuliner dan belanja memberikan kontribusi pendapatan yang sangat signifikan, maka kita harus serius dalam mengemas dan diversifikasi produk kuliner dan belanja sehingga pendapatan akan meningkat terus,” kata Kadis Kepemudaan Pariwisata dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi, Rabu (8/5/2019) siang.

Pengembangan destinasi pariwisata melalui wisata kuliner dan belanja juga merupakan strategi untuk mendorong pergerakan dan perekonomian pariwisata di Indonesia.



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait