Keren Guys, Kali Bacin Jadi Wisata Kuliner Terapung

  • Whatsapp
Kali Bacin Disulap Jadi Wisata Kuliner Terapung
Kali Bacin Disulap Jadi Wisata Kuliner Terapung

TEGAL, suaramerdeka.com – Pemkot Tegal terus berbenah mempercantik kota. Menyusul penataan alun-alun, kini muncul gagasan menyulap area Kali Bacin sebagai kawasan wisata kuliner terapung, seperti layaknya Floating Market Lembang di Bandung.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, beserta Pj Sekda Imam Badarudin dan rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau Kawasan Sungai Kali Bacin, Rabu (26/6). Saat meninjau lokasi itu, Wali Kota Dedy Yon Supriyono mengatakan, penataan kawasan itu merupakan satu dari program unggulan Pemkot Tegal dalam mempercantik wajah kota.

Muat Lebih

Saat ini, Wali Kota tengah merevitalisasi dengan menyulap Alun-alun menjadi taman bunga, dan menjadikan sepanjang Jalan Ahmad Yani menjadi City Walk seperti di Jalan Malioboro Yogyakarta.

“Hari ini saya mengajak Sekda, Asisten untuk meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan program kami yaitu mengubah Kali Bacin menjadi kawasan wisata kuliner,” tuturnya.

Menurutnya, Pemkot akan mengupayakan supaya Kali Bacin bisa menjadi ikon baru Kota Tegal sebagai wisata kuliner. Namun, pembenahan dan penataan akan dilakukan bertahap, bahkan Wali Kota berencana mengubah nama Kali Bacin menjadi Kali Wangi dan mempersiapkan perda.

“Di Kali Bacin ini akan dihidupkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu dengan dibangun Floating Market Kali Wangi,” katanya.

Para pelaku usaha nantinya akan diatur berjualan di atas air sepanjang 200 meter.

“Jadi warung berjualan terapung di atas air,” jelas Wali Kota.

Untuk menghubungkan warung apung dari sisi timur dan barat, di tengah-tengah akan dibangun jembatan penghubung.

“Untuk merealisasikan itu, sebagai langkah awal tentu kita akan berkoordinasi dengan Pelindo untuk bisa memanfaatkan kawasan Kali Bacin jadi wisata kuliner,” ujarnya.


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait