Jangan Hanya Lewat! Di Karawang Ada Pindang Bandeng Gurih Enak

  • Whatsapp
Jangan Hanya Lewat! Di Karawang Ada Pindang Bandeng Gurih Enak
Jangan Hanya Lewat! Di Karawang Ada Pindang Bandeng Gurih Enak

Jakarta – Bukan sekedar daerah perlintasan, Karawang juga punya kuliner unik. Salah satunya pindang bandeng khas Karawang yang cocok untuk oleh-oleh.

Menyebut pindang bandeng guri lunak tentulah teringat kota Semarang yang tersohor dengan olahan ikan bandeng. Tetapi di Karawang juga ada pindang bandeng ‘Juara’ yang tak kalah enak.

Muat Lebih

“Ikan bandeng ini bisa digoreng di rumah. Saya sarankan digoreng agak kering lalu disantap bersama nasi putih hangat dan sambal,” ungkap Cain Nul Karim, seorang pengusaha pindang bandeng ‘Juara’ asal Desa Jayamukti, Kecamatan Banyusari kepada detik, Sabtu (1/6/2019).

Jangan Hanya Lewat! Di Karawang Ada Pindang Bandeng Gurih EnakFoto: Luthfiana Awaluddin/detikcom

Tak rugi mencoba saran Cain, pindang bandeng goreng memang memanjakan lidah. Apalagi saat mengunyah kulit bandeng yang garing, dagingnya yang kokoh, empuk dan tebal berwarna putih seperti susu. Sambal yang pedas makin membuat lahap.

Yang tak tahan aroma amis ikan tidak perlu khawatir. Pindang bandeng buatan Cain sama sekali tak bau amis. Rahasianya, bumbu rebusan saat proses membuat pindang. Menurut Cain, rasa dan bau amis ikan bandeng terhapus oleh wangi rempah yang meresap hingga ke dalam daging ikan.

“Kami rebus ikan bandeng menggunakan bumbu – bumbu dasar, tak lupa kunyit untuk menyamarkan bau amis ikan. Kemudian dipresto hingga tulangnya lunak. Pindang bandeng bisa dimakan tanpa takut tertusuk durinya,” kata Cain.

Jangan Hanya Lewat! Di Karawang Ada Pindang Bandeng Gurih EnakFoto: Luthfiana Awaluddin/detikcom

Cain mengklaim pindang bandeng buatannya punya ciri khas. Ia menetapkan standar ukuran ikan dalam setiap produksinya. Dalam setiap bungkus ikan, ia menyertakan sambal khas. Jadi selintas mirip dengan bandeng presto khas Semarang.

Lalu dimana pemudik bisa mendapatkan pindang bandeng’Juara’ buatan Cain ? Pemudik yang menuju Jateng atau Jatim via pantura Jabar bisa dengan mudah mendapatkannya. Cain yang juga ketua Info UMKM Karawang (Inuka) sedang memasarkan produknya di Jalan Lingkar Luar Karawang. Jalan yang dilewati pemudik bermotor.

Saat ini Cain sedang memasarkan pindang dan oleh – oleh lainnya di Summarecon Emerald Karawang. Atau jika tidak kebagian, bisa mendapatkannya di jalur Cikalong -Cilamaya. Nah, jangan sekedar lewat, mampir dulu membeli pindang bandeng untuk oleh-oleh.

(odi/odi)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait