Jangan Hanya Batik Lasem yang Terkenal, Harus Ada Ikon Baru di Rembang

  • Whatsapp
Jangan Hanya Batik Lasem yang Terkenal, Harus Ada Ikon Baru di Rembang
Jangan Hanya Batik Lasem Yang Terkenal, Harus Ada Ikon Baru Di Rembang

Mantapps.com, REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang ingin ada ikon baru yang dikenal khas Rembang, tak hanya batik Lasem.

Sebab selama ini, batik Lasem sudah dikenal kalangan luas maka dari itu pengembangan ikon baru memang seharusnya dilakukan.

Muat Lebih

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang, Subakti mengatakan, saat ini pihaknya masih menggenjot potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Rembang.

Ikon tersebut memang harus berupa potensi lokal. Sebab untuk batik Lasem saat ini sudah sangat dikenal.

“Kalau batik Lasem sudah banyak dikenal, tapi yang lain bagaimana harus kita kembangkan,” kata Subakti.

Dia mencontohkan, di Rembang terdapat potensi kuliner yang bisa dikembangkan. Misalnya kuliner tradisional yang saat ini masih butuh sentuhan dalam pengembangannya.

“Misal, kita punya potensi siwalan. Siwalan itu nanti bagaimana penyajiannya,” jelas Subakri.

Selain itu, lanjutnya, di Rembang juga terdapat kuliner yang juga bisa dikembangkan.

Misalnya lontong tuyuhan, sate sarepeh, dan kawis. Oleh sebab itu, pemerintah berencana untuk membuat pusat kuliner di Taman Rekreasi Panti Kartini.

“Misalnya budidaya siwalan dan kawis harus dikembangkan. Tidak hanya musim-musim itu saja. ikon-ikon baru itu yang harus dikembangkan,” katanya.

Dia berharap, dengan upaya yang dilakukan dan rencana yang telah disusun oleh pemerintah. Ikon baru bagi Rembang bisa tumbuh. Sementara pelaku usaha mikro juga bisa mendapatkan manfaat akan adanya ikon baru tersebut. (Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait