Ini Tonggak Perkembangan Anak Usia 25-36 Bulan

  • Whatsapp
Ini Tonggak Perkembangan Anak Usia 25-36 Bulan

Setiap anak itu unik dan berkembang dengan kecepatanya masing-masing. Kini Anda sudah bisa mulai mengenalkan si kecil pada sekolah usia dini.

Muat Lebih

Loading...

Untuk itu, tentu Anda perlu menjaga kondisinya tetap prima dengan gizi dan nutrisi yang tepat untuk kesehatan fisik dan mentalnya agar pertumbuhannya tetap optimal. 

Perlu diingat bahwa ini sekadar pedoman saja, hanya sebagai gambaran untuk apa yang diharapkan dari anak saat ia masuk prasekolah.

Karena ada berbagai macam hal yang dianggap normal dan tidak perlu khawatir kecuali Anda memerhatikan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh si kecil, berikut penjelasannya dikutip dari BabyCenter.

1.Perkembangan motorik

Di usianya saat ini , terlihat jelas bahwa fisik dan keterampilan motorik si kecil makin sempurna. Selain makin ahli dengan berbagai permainan di taman, juga mulai mahir mengayuh sepeda roda tiganya. Untuk terus melatih kemampuannya, buatlah jadwal rutin bermain sepeda tiap minggunya.

Pilih waktu di pagi atau sore hari ketika matahari tidak terik sehingga si kecil tetap nyaman saat bermain. Saat ini Anda mungkin harus membimbingnya untuk mengayuh. Tetapi lama-kelamaan si kecil pasti akan bisa melakukannya sendiri.

© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom
(Si kecil masih butuh pendampingan orang dewasa karena masih belum bisa melindungi dirinya sendiri saat terjadi sesuatu. Foto: David Straight/Unsplash.com)

2. Perkembangan sosial dan emosional

Karena sering bermain dengan teman-temannya, bukan tidak mungkin ia sudah memiliki beberapa teman. Si kecil pun tidak ragu untuk bertemu teman baru saat ini. Meskipun demikian, tetap masih terlalu kecil untuk ditinggal tanpa pengawasan Anda. 

Si kecil juga masih butuh pendampingan orang dewasa karena masih belum bisa melindungi dirinya sendiri saat terjadi sesuatu. 

Ditambah lagi emosinya masih belum stabil, sehingga masih perlu ada penengah saat bertengkar dengan teman-temannya. Sebenarnya, pertengkaran tidak sepenuhnya buruk untuk si batita, karena hal ini bisa menjadi kesempatan baginya belajar untuk berbagi, empati, kompromi, negosiasi, mengikuti aturan sosial, dan tahu batasan benar dan salah.

3.Perkembangan bahasa

Pada usia ini, kemampuan bahasanya meningkat pesat dan sudah bisa memahami instruksi yang kompleks.

Ia sudah bisa menggambarkan kegiatan di sekolahnya atau hal yang dilihatnya di jalan dengan lebih jelas dan lengkap dengan kata sifat. Pemahaman bahasa ini berhubungan erat dengan penguasaan kosa kata yang dimilikinya saat ini, yaitu sekitar 900 kata.

Maria Fransiska

Setiap anak itu unik dan berkembang dengan kecepatanya masing-masing. Kini Anda sudah bisa mulai mengenalkan si kecil pada sekolah usia dini.: Ini Tonggak Perkembangan Anak Usia 25-36 Bulan© TIN
Ini Tonggak Perkembangan Anak Usia 25-36 Bulan

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait