Ini 10 Destinasi Wisata dan Kuliner di Garut Rekomendasi Kemenpar

  • Whatsapp
Ini 10 Destinasi Wisata dan Kuliner di Garut Rekomendasi Kemenpar
Ini 10 Destinasi Wisata Dan Kuliner Di Garut Rekomendasi Kemenpar

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Suasana lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar akan merevitalisasi Situ Bagendit seluas 150 hektare menjadi destinasi wisata kelas dunia dengan mengalokasi anggaran sebesar Rp130 miliar yang akan dimulai pada tahun 2019 ini. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI

JAKARTA, Mantapps.com – Jika Anda mudik lewat Garut, Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak. Kabupaten satu ini punya banyak destinasi wisata unggulan, baik gunung, pantai, maupun pemandian air panas.

Muat Lebih

Di samping itu kuliner di Garut juga tak kalah lezat dengan kabupaten lain. Khususnya bagi pecinta makanan Sunda yang terkenal dengan aneka lalap dan sambal super pedas.

Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata dan kuliner di daerah Garut:

1. Gunung PapandayanGunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang cocok didaki oleh para pendaki pemula. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut, membuatnya tidak terlampau tinggi.

Terlebih di Gunung Papandayan medan pendakian terbilang landai, terdapat banyak sumber air bersih, fasiitas toilet, warung makan yang juga menjual pasokan minuman.

2. Situ Bagendit

Situ bagendit merupakan danau yang berada di Kecamatan Banyuresmi. Di danau ini pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan dan berwisata naik rakit.

Danau ini sempat menjadi sorotan ketika Presiden Joko Widodo memangkas rambut di depan danau.

Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019). TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019). TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA

3. Candi Cangkuang

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Garut juga punya candi, dan uniknya Candi Cangkuang adalah satu-satunya penemuan Candi Hindu di Tanah Sunda.

Candi Cangkuang berada di Desa Cangkuang yang dikelilingi oleh empat gunung.

4. Pantai Sayang Heulang

Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Garut. Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, dengan ciri khas batu karas di sepanjang garis pantai.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Santolo, tempat yang cocok untuk melihat matahari tenggelam.

Pantai Rancabuaya Garut DOK. Disparbud Kab. Garut© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Pantai Rancabuaya Garut DOK. Disparbud Kab. Garut

5. Pantai Rancabuaya

Pantai ini sempat menjadi lokasi syuting film yang diadaptasi dari novel, Perahu Kertas. Akses jalan menuju pantai ini sudah cukup baik, dan daerah wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Di sana juga terdapat banyak rumah makan dan penginapan semisal ingin menghilangkan penat perjalanan.

6. Talaga Bodas

Talaga Bodas sejatinya adalah kawah dari aktivitas vulkanik aktif. Lokasinya berada di Kecamatan Wanaraja, sekitar 20 kilometer dari Kota Garut. Di sini pengunjung dapat menemui kawah degan air biru muda dan pemandangan pengunungan dengan hawa yang sejuk.

7. Leuwi Tonjong

Obyek wisata satu ini terbilang unik. Pengunjung dapat menemui danau hijau dengan tebing tinggi yang mengapit dan terdapat celah yang dapat dilalui dengan perahu kecil. Tiba di ujung celah terdapat air terjun.

Sekilas Leuwi Tonjong tampak seperti syuting film King Kong atau Jurrasic Park. Lokasi Leuwi Tonjong terdapat di Desa Cihurip.

Wisatawan melewati sisi Kawah Kereta yang termasuk di area Taman Wisata Alam Kawah Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/9/2016). Di Kawah Kereta, wisatawan bisa mendengar suara kawah seperti bunyi kereta api. Mantapps.com / WAHYU ADITYO PRODJO© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Wisatawan melewati sisi Kawah Kereta yang termasuk di area Taman Wisata Alam Kawah Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/9/2016). Di Kawah Kereta, wisatawan bisa mendengar suara kawah seperti bunyi kereta api. Mantapps.com / WAHYU ADITYO PRODJO
8. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang adalah kawah aktif dari Gunung Guntur. Lokasinya berada di Desa Cibeet. Di kawasan Kawah Kamojang sebenarnya terdapat banyak kawah lain. Ada juga pemandian air panas yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

9. Wisata Air Panas Sabda Alam

Salah satu resor dan hotel yang terkenal menyediakan fasilitas pemandian air panas alami yakni Sabda Alam. Namun sebenarnya di daerah Cipanas, Garut ada banyak sekali akomodasi yang menawarkan fasilitas serupa. Anda dapat menyesuaikan bujet dengan tarif akomodasi.

10. Kebun Mawar

Terdapat di Jalan Raya Kamojang, Kebun Mawar Situhapa sangat digemari oleh wisatawan keluarga terutama ibu-ibu. Di daerah sejuk ini mawar tumbuh subur dengan warna-warni indah, cocok untuk wisata foto nan santai.

Pekerja mengemas dodol merek Picnic, Garut. Mantapps.com/Ni Luh Made Pertiwi F.© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Pekerja mengemas dodol merek Picnic, Garut. Mantapps.com/Ni Luh Made Pertiwi F.

Sedangkan untuk kuliner, Kementerian Pariwisata mempromosikan 10 restoran dan makan dari Garut yang ternama yakni RM Pujasega, RM Cibiuk, Soto Ahri, Baso Parahyangan, Es goyobod, RM Sari Cobek Cangkuang, Kue Balok Ki Anom, Sate Maranggi Pak Nur, Burayot, dan Kerupuk Kulit Sukaregang.

Jangan lupa di Garut juga terkenal dengan oleh-oleh dodol, cokelat, bakso aci, dan kerupuk kulit sapi asli tanpa bahan kimia berbahaya.

Penulis: Silvita Agmasari

Editor: I Made Asdhiana

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait