Harga Tiket Pesawat Mahal

  • Whatsapp

Mantapps.com – Sampai saat ini, masyarakat masih mengeluh harga tiket pesawat mahal. Persoalan ini sedang dibahas pemerintah dan akan diputuskan Senin depan (13/5) di kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian.

Menurut Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, masalah harga tiket awalnya dipicu perang tarif antar maskapai untuk merebut konsumen. Setelah ditetapkan tarif batas atas dan batas bawah maka harga tiket berubah, namun masyarakat ternyata belum siap.

Muat Lebih

Loading...

Susiwijono menilai harga tiket pesawat saat ini tidak melanggar ketentuan yang ada karena masih dalam kisaran tarif atas bawah.

Rencananya, tarif batas atas pesawat akan dipangkas 15%, dan setelah keputusan itu dirilis harga jual tiket pesawat sudah bisa mulai turun.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan jumlah penumpang domestik angkutan udara dari Januari hingga Maret 2019 (kumulatif) mengalami penurunan 17,66%. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan penyebab turunnya jumlah penumpang karena masih mahalnya harga tiket pesawat.

Penurunan jumlah penumpang angkutan udara pun berdampak pada tingkat penghunian kamar hotel (TPK). BPS mencatat, TPK Maret 2019 mencapai rata-rata 57,10% atau turun 4,21 poin dibandingkan Maret 2018. Sedangkan dibandingkan bulan sebelumnya naik tipis sebesar 0,45 poin.

Contributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait