Gulai Keong, Kuliner Yang Diburu Saat Bulan Ramadhan Di Purwokerto

  • Whatsapp

Banyumas

Purwokerto – Bagi warga Purwokerto khususnya dan  Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah umumnya, Kraca atau keong sawah menjadi menu favorit yang diburu saat bulan puasa Ramadhan.

Rata rata, keong ini diramu menjadi masakan semacam gulai dan menjadi salah satu menu untuk berbuka puasa.

Jika keong bentuknya cukup besar maka kraca sendiri adalah sebutan untuk jenis keong yang lebih kecil.

Populasinya tidak sebanyak keong emas dan dagingnya lebih sedikit, menyebabkan orang menamainya kraca.Salah satu penjual gulai keong  di Purwokerto , adalah Khamlani (60 tahun) .

Sejak tahun 95, di teras depan rumahnya yang kini dijadikan warung itu, gulai keong ia jual dengan bahan didatangkan langsung dari Pekalongan dan khusus di bulan ramadhan, namun kini hampir tiap hari ia mampu menjual gulai keong.

“Memang yang berat bahan baku keong sawah yang hitam, kami datangkan dari Pekalongan karena di sekitar Banyumas sudah sulit ditemukan“ ungkap Khalmani. ,

Kebutuhan keong selama bulan puasa, Khalmani menyebut melonjak berkali kali lipat. Dari kebutuhan keong hanya 25 kilogram pada hari biasa, menjadi 150 kilogram saat bulan puasa dan langsung diserbu oleh pembeli hanya dalam waktu 3 jam.

Menurut Khamlani,  cara pengolahan keong tergolong sederhana. Ia ‘membocorkan’ rahasia cara memasak kraca yakni dengan mencucinya berkali kali sampai bersih dan rasa tanahnya hilang.

“Untuk bumbu rempah saya  racik sendiri dan harus berani menambah bawang merah dan bawang putih, serta rempah lain agar rasanya enak, pedas dan segar,“ kata Khalmani.

Selain  keong di Jalan Kauman Lama, Kecamatan Purwokerto Timur milik Khalmani yang dikenal sebagai pusat penjualan kraca, juga  di beberapa tempat mudah ditemukan keong.

Sebut saja di pusat kuliner pasar Pratista Harsa, depan Taman makam Pahlawan  Tanjung Nirawana Purwokerto, juga di warung warung makan di pinggir jalan banyak dijual keong ini.

Bagi masyarakat Banyumas yang diperantauan, memburu keong ketika mudik banyak dilakukan, bahkan mereka sudah pesan jauh hari ketika masih di perantauan . ( IND ).

Sumber : rri.co.id
Source: Gulai Keong,Kuliner Yang Diburu Saat Bulan Ramadhan Di Purwokerto

No ratings yet.

Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Loading...

Pos terkait