Gaung Budaya Indonesia Bergema di Russia

  • Whatsapp
Gaung Budaya Indonesia Bergema di Russia
Gaung Budaya Indonesia Bergema Di Russia

Tim Kesenian Kedutaan Besar RI (KBRI) Moskwa turut memeriahkan hari jadi Kota Ivanovo ke-148 tahun yang berlangsung pada 25 Mei 2019 di Ivanovo. Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang dalam acara tersebut.

Muat Lebih

Loading...

Tim yang dipim­pin langsung oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M Wahid Supriyadi ini, menampil­kan berbagai acara seperti pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, lokakarya tari dan juga dilibatkan dalam acara pembukaan bersamaan de­ngan tim kesenian lokal.

Pertunjukan gamelan menarik perhatian masyara­kat setempat yang menyaksi­kan karena keunikan alat-alat musiknya yang membentuk suatu orkestra. Ketertari­kan masyarakat ditambah ketika dua pesinden berke­warganegaraan Rusia, Yulia Ryzhaya dan Anna Zhikhareva menyanyikan beberapa lagu seperti Selendang Biru, Simpang Lima, Aja Diple­roki, Ayun Ayun, dan Kuwi Apa Kuwi. Bahkan Gamelan Dadali binaan KBRI Moskwa asuhan Tri Koyo ini men­giringi acara fashion show yang menampilkan desainer lokal.

“Ini adalah penampilan gamelan di kota keempat di Russia dalam dua tahun terakhir, setelah Moskwa, Moskwa Region, Kazan dan St. Petersburg. Untuk kedua kal­inya pula gamelan mengiringi acara fashion show di Russia. Hal ini menunjukkan bahwa musik tradisional Indonesia semakin diterima di Russia,” kata Dubes Wahid kepada masyarakat setempat dalam sambutannya di sela-sela pen­tunjukan gamelan.

Acara semakin meriah dengan penampilan tarian dari berbagai daerah Indo­nesia oleh Kirana Nusantara Dance yang juga binaan KBRI Moskwa asuhan Elizabeth Nur Nilasari.

Di antara tarian-tarian tersebut adalah Tari Tifa (NTT), Tari Incling Jangget (Jateng), Tari Enggang (Kal­tim), Tari Piring (Sumbar), Tari Golek Kenya Tinembe (Yogya­karta), Tari Cendrawasih (Bali), dan Tari Margapati (Bali). Ada juga tarian interaktif Syan­tik dan Gemu Famire yang melibatkan pengunjung. Selain gerakan-gerakan dan musiknya, kostum tari yang dikenakan penari menarik perhatian pengunjung.

Pengunjung dengan penuh antusias menyaksikan pertun­jukan gamelan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Ti­dak sedikit pengunjung yang mengabadikan penampilan Tim Kesenian KBRI Moskwa ini dengan kamera telepon genggamnya atau kamera khusus.

Beberapa pengunjung bahkan berswafoto de­ngan Tim Kesenian KBRI Moskwa yang secara keselu­ruhan adalah warga Rusia. Beberapa pengunjung yang penasaran dengan musik gamelan naik ke panggung dan menyentuh, serta mencoba memainkan salah satu alat musik gamelan.

Sementara itu, sejumlah siswa-siswi Ivanovo mempela­jari tarian kreasi baru Indo­nesia, yaitu Tari Sintren dari Jawa Barat pada acara loka­karya di Pusat Budaya dan Hiburan Ivanovo.

Oleg Kasatkin, salah se­orang warga Ivanovo me­ngatakan sangat senang dan gembira dengan kehadiran Indonesia pada perayaan Kota Ivanovo ini. “Saya suka sekali Indonesia dan saya cukup lama tinggal di Bali. Saya sa­ngat senang bertemu dengan orang Indonesia yang datang ke Ivanovo,” kata Oleg yang juga masih ingat sejumlah kata dalam bahasa Indonesia. sur/R-1

Penampilan Luar Biasa

Sementara Olga Fedo­seyeva, Ketua Komite Kebijakan Kepe­mudaan, Kesehatan Jasmani dan Olahraga Kota Ivanovo yang merupakan salah se­orang panitia pelaksana Hari Kota Ivanovo menyampaikan bahwa penampilan Tim Kesenian KBRI Moskwa sangat luar biasa.

“Saya menceritakan ke­pada semua orang tentang Tim Kesenian KBRI Moskwa. Anda adalah orang-orang hebat dan kami semua se­nang dan bangga dengan Anda,” ujar Olga yang terus mendampingi Tim Kesenian KBRI Moskwa selama acara berlangsung.

Apresiasi yang besar atas kehadiran Tim Kesenian KBRI Moskwa disam­paikan juga oleh Gubernur Ivanovo Region, Stanislav Voskresenky, saat bertemu dengan Dubes Wahid. Atas undangan Dubes Wahid, Gubernur Voskresenky men­yampaikan rencana akan hadir dan juga akan mengirim tim kesenian dan pengusaha dari Ivanovo pada fo­rum bisnis dan Festival Indonesia pada 1-4 Agus­tus 2019 di Moskwa.

Gubernur Voskresen­sky juga sepakat untuk mengembangan kerja sama dengan Indonesia khususnya di bidang ekonomi, perda­gangan, pariwisata, budaya, dan sister province. Bagi Gubernur Voskresenky, Indonesia tidak begitu asing karena sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia.

Ivanova yang berjarak sekitar 300 km ke arah timur laut Kota Moskwa adalah kota bersejarah dan juga kota industri dengan penduduk lebih dari 400 ribu orang dari keseluruhan sekitar 1 juta jiwa penduduk Ivanovo Region. Kota ini masuk area golden ring Rusia karena letaknya tidak terlalu jauh dari Moskwa dan menjadi salah satu jalur dan pengembangan destinasi pariwisata Rusia, selain Sergiev Posad, Vladimir dan Suzdal. sur/R-1

Keunikan Kota Moskwa

Moskwa, kota megapolitan Russia, merupakan salah satu ibukota yang memiliki wilayah terluas di dunia. Dengan luas sekitar 2.511 KM2, luas Moskwa hampir 5x luas wilayah DKI Jakarta. Berikut sejumlah keunikan yang perlu Anda ketahui di Kota Moskwa.

1. Kremlin

Kremlin adalah salah satu bangunan pa­ling kuno yang mencerminkan simbol Rus­sia. Selain sebagai tujuan wisata, Kremlin juga merupakan pusat kenegaraan Russia. Jika di Indonesia ada Istana Negara sebagai kantor presiden di Jakarta, maka di Russia adalah Kremlin sebagai kantor Presiden Russia.

2. Red Square

Red Square atau lapangan merah ber­dekatan dengan Kremlin yang berada sisi Barat. Bangunan yang disusun dari batu beton merah yang menjulang luas dengan arsitektur cantik ini mewakili simbol Kota Moskwa sebagai pusat politik, sejarah, ekonomi, dan agama Russia.

3. Gereja St. Basil

Bersama dengan Kremlin, Red Square, dan Gereja St. Basil, ketiganya merupa­kan warisan budaya dunia yang diakui UNESCO.

4. Bolshoi Theatre

Dalam Bahasa Russia, Bolshoi theatre artinya teater agung, merupakan salah satu pusat teater terkenal di Russia. Balet Russia yang terkenal di dunia itu sering diselenga­rakan di tempat ini.

5. State Historical Museum (SHM)

SHM atau Musium Sejarah Negara yang berwarna merah maroon ini memiliki banyak koleksi yang merepresentasikan setiap fase dalam sejarah Russia. Sering diadakan pertunjukan di museum ini, yang menampilkan zaman kuno Russia hingga abad ke-21.

6. Mall GUM

Jika berkantong tebal, Anda bisa me­nikmati berbelanja di mal termewah Russia ini. Konon mall ini merupakan salah satu tempat favorit jetset Russia. GUM bukan mal biasa karena memiliki keunikan sendiri yakni desain bangunan arsitekturnya. GUM ibarat mal berbentuk museum.

7. Gorky Park

Gorky Park adalah taman yang luas. Sak­ing luasnya, entah bisa berapa jam berjalan kaki mengelilingi Gorky Park. Tempat­nya strategis, di dekat jembatan dengan pemandangan bangunan arsitektur Eropa yang berada di seberang sungai.

8. Metro Moskwa

Sebagian besar transportasi metro di Moskwa terletak di bawah tanah. Stasiun Park Pobedy merupakan stasiun terda­lam ketiga di dunia setelah stasiun metro Arsenalna di Kiev Ukraina dan Admiraltey­skaya di Saint Petersburg. Kedalamannya mencapai 84 meter.

9. Moscow Cathedral Mosque.

Dimanakah masjid terbesar di Eropa ? Yup di Moskwa. Kapasitasnya bisa me­nampung 10.000 jamaah. Masjid Katedral Moskwa sebenarnya sudah dibangun sejak 1904 dan mengalami beberapa rekonstruksi.

10. Pasar Izmailovo

Ini adalah tujuan wajib bagi turis yang ingin membawa cendera mata dari Russia. Pasar Izmailovo merupakan tempat yang menjual aneka macam oleh-oleh khas Rus­sia dengan harga yang paling murah. sur/R-1

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait