Fashion Carnival FKY 2019, Berkostum Burung Lawet Hingga Nyi Roro Kidul

  • Whatsapp
Fashion Carnival FKY 2019, Berkostum Burung Lawet Hingga Nyi Roro Kidul
Fashion Carnival Fky 2019, Berkostum Burung Lawet Hingga Nyi Roro Kidul

Jogjainside.com, Jogjakarta – Ada yang menawan saat pawai Festival Kebudayaan Yogyakarta (  FKY )  2019, Kamis ( 4/7). Yakni hadirnya fashion carnival, yang menyajikan aneka ekstrem fashion.

Meski demikian, fashion carnival, justru menjadi pesona tersendiri bagi ribuan warga yang menyaksikannya.

Muat Lebih

Loading...

Betapa tidak, lenggak-lenggok puluhan model yang meperagakan kostum fashion carnival, dengan segala ketampanan dan kecantikannya, juga karena kostum yang aneh.

Aneka kostum dibawakan oleh model- model dari Sanggar Seni Rawikara Nari Bahuwarna (RNB) Gunungkidul, DIY.

Mereka memamerkan kostum yang berasal dari bahan alam. Meski ada juga kostum yang terbuat dari aneka bahan pabrikan.

Dalam fashion carnaval kali ini  mereka berhasil untuk meng-highlight 30 kostum, misalnya saja kostum Laut Selatan, Nyi Roro Kidul, Burung-Burung walet, dan aneka kreasi batik dari seluruh penjuru DIY.

Ria Silviani, pendiri sekaligus pemilik dari sanggar RNB mengungkapkan pemilihan tema dari seluruh penjuru DIY ini didasari olah Kebudayaan DIY yang sangat luas dan keinginan RNB untuk menampilkan semuanya.

“Kami merasa kagum dengan berbagai macam budaya baik alam maupun buatan di yogya, kami ingin menampilkannya dengan cara RNB, yaitu melalui kostum-kostum ini” ungkap Ria.

Masalah persiapan, Ria mengaku hanya dapat menyiapkan kostum-kostum tersebut selama tiga minggu.

“Persiapannya cuma tiga minggu, tapi hanya sebagian kostum saja yang dibuat, sisanya merupakan koleksi dari sanggar” ungkap Ria.

Menurut Ria, sebelum dilaksanakannya pawai, terlebih dahulu dilakukan pemilihan model yang akan memakai kostum-kostum ini.

Remaja yang dipilih terutama mereka  yang pintar berekspresi dan kuat untuk menopang beban kostum yang berat. Untuk diketahui, satu kostum dalam fashipn carnival tersebut memliliki beban sekitar 10 sampai 20 kilogram..

“Spesial untuk FKY kami mengeluarkan kostum yang besar-besar” ungkap rRa.

“Untuk batik yang kami pilih merupakan batik asli cap maupun tulis yang berasal dari seluruh DIY,” lanjutnya.

Batik yang digunakan dalam FKY 2019 ini antara lain batik walang khas Gunung Kidul, Batik Geblek Renteng khas Kulonprogo, batik Ceplok Kembang Kates khas Bantul, dan berbagai macam batik kawung dari Kota Yogyakarta.

Endang Rahayu, sebagai salah satu model yang menampilkan kostum Nyi Roro Kidul, mengaku sangat bangga untuk dapat tampil dalam FKY

“Perasaan saya sangat senang dan bangga untuk bisa tampil didepan seluruh masyarakat DIY, dengan menjiwai keanggunan  ratu pantai selatan” ungkap Endang Rahayu.

“Ratu Nyi Roro Kidul merupakan mitos asli Yogyakarta, dan sudah dikenal oleh seluruh masyarakat,” ujarnya. (sug)

Oleh : Julian Pradana

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait