Di SDMM, Siswa Program Studi Kuliner Ini Tak Hanya Magang Masak tapi Juga Belajar Adab Makan dan Tertib Ibadah

  • Whatsapp
Di SDMM, Siswa Program Studi Kuliner Ini Tak Hanya Magang Masak tapi Juga Belajar Adab Makan dan Tertib Ibadah
Di Sdmm, Siswa Program Studi Kuliner Ini Tak Hanya Magang Masak Tapi Juga Belajar Adab Makan Dan Tertib Ibadah

PWMU.CO – Katering Surya Amanah SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik kembali dipercaya menjadi tempat magang siswa SMK Negeri 1 Cerme Gresik.

Guru Pembina Praktik Industri (PI) Laily Mustainah SPd mengantar empat siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga Program Studi Kuliner untuk menjalani Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SDMM, Kamis (11/7/19). Mereka akan belajar di SDMM mulai 13 Juli 2019 sampai 13 Januari 2020.

Muat Lebih

Loading...

Laily berterima kasih kepada Katering Surya Amanah SDMM yang telah bersedia menerima siswanya setiap tahun untuk belajar secara langsung. “Ini yang kelima kami menitipkan anak-anak di sini. Mohon bimbingan untuk siswa kami supaya bisa baik dan berkembang,” ujarnya.

Ia berharap siswanya dapat menambah pengetahuan dan menerapkan teori yang telah didapat di sekolah. “Mereka ini baru kelas X naik ke kelas XI, jadi teorinya masih basic (dasar) memasak. Semoga bisa menerapkan ilmunya,” ungkapnya.

Kehadiran rombongan SMK Negeri 1 Cerme itu disambut hangat Kepala SDMM Ahmad Faizun SSos. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan serta kerja sama yang terus berlanjut. “Sungguh membahagiakan karena kita dapat menambah keluarga,” ujarnya.

Faizun mengatakan, pekerjaan di Katering Surya Amanah ini terkait peningkatan potensi diri. “Karena itu adik-adik harus bisa menerapkan teori yang sudah didapat di sekolah untuk dibawa ke sini praktiknya,” tuturnya.

Meskipun bukan hotel atau restoran, kata Faizun, nuansa dan pengalaman berbeda baru pasti diperoleh di SDMM. “Adik-adik tidak hanya magang memasak, tapi juga pembiasaan adab dan pembinaan karakter juga akan kalian dapatkan,” tegasnya.

Ia menekankan, magang di SDMM itu utuh, mulai dari persiapan, pengolahan, penyajian, rasa, sampai pada ibadah dan adab perilaku. “Jika nanti ada sesuatu, sampaikan saja. Kami pasti akan membantu. Semoga kalian bisa mendiri dan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri nantinya,” harapnya.

Turut menyambut kehadiran mereka, Sekretaris Eksekutif Majelis Dikdasmen Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Perumahan Pongangan Indah (PPI) M Fadloli Aziz SSi MPd menuturkan supaya anak-anak program PSG dapat menjadikan SDMM sebagai rumah kedua mereka.

“Ayo sama-sama kita ciptakan nuansa kekeluargaan. Jika ada yang tidak paham, tanyakan, jangan diam saja. Malah nanti suasanya gak nyaman,” pesannya.

Sementara itu, Supervisor Katering Surya Amanah Mukhlisin SPd menjelaskan standar pelayanan di SDMM. “Di sini nanti anak-anak harus belajar sopan, ramah, cepat, dan bersih. Pelayanan prima itu penting, jangan terlihat kumuh,” tegasnya.

Ia mengingatkan, di akhir proses magang nanti akan ada unjuk kerja untuk masing-masing siswa. “Satu anak memasak satu set menu, mulai dari appetizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), sampai dessert (hidangan penutup),” jelasnya.

Di Katering Surya Amanah SDMM, lanjutnya, siswa magang akan diperhatikan juga shalat dan mengajinya. “Sebelum pulang harus sduah shalat Ashar dulu. Shalatnya juga jamaah,” kata dia. “Ya pintar masak, ya baik pribadinya.” (Vita)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait