Contek Karya Seniman, Billie Eilish Batal Rilis Lini Fashion

  • Whatsapp
Contek Karya Seniman, Billie Eilish Batal Rilis Lini Fashion
Contek Karya Seniman, Billie Eilish Batal Rilis Lini Fashion

Jakarta – Penyanyi Billie Eilish memilih menarik kembali produk kolaborasinya dengan merek fashion Siberia Hills setelah mendapat banyak kritikan dari sosial media.

Siberia Hills adalah merek fashion yang didirikan pada 2017 oleh desainer Rusia, Daf Orlovsky. Billie dikritik karena dianggap meniru karakter anime milik Makoto Kurokawa tanpa meminta izin dari pemiliknya terlebih dahulu.

Muat Lebih

Loading...

Sepekan sebelum tuduhan Billie Eilish mencontek karya seniman ini datang, penyanyi dengan hits Bad Guy itu meluncurkan koleksi fashion kolaborasinya dengan Siberia Hills. Koleksi tersebut dua di antaranya berupa kaus dan jaket hoodie yang diserbu komentar pedas dari netizen.

Salah satu netizen yang menuding koleksi fashion Billie mencontek karya orang lain adalah akun Twitter @nesturr. Akun tersebut menunjukkan bahwa desain yang digunakan pada koleksi Billie dan Siberia Hills adalah desain Nozomi Tojo, karakter dari anime Long Live!. Tweetnya tersebut mendapat like lebih dari 58 pengguna Twitter dan 25 ribu retweet.

Desain hasil kolaborasi Billie Eilish dengan merek fashion Siberia Hills ini memang mirip dengan gambar Nozomi Tojo karya Makoto Kurawa. Desain menggambarkan empat sosok wanita yang menggunakan bikini. Bedanya hanya pada warna yang sedikit diubah, efek bercak merah dan tulisan nama Billie yang tertulis dalam bahasa Jepang pada bagian bawah gambar.

Setelah memperoleh banyak komentar akhirnya merek fashion Siberia Hills mengungkapkan permintaan maafnya kepada Makoto Kurawa, seniman pemilik 45,000 pengikut di Twitter.

“Kepada seniman berbakat, Tuan M_Qurokawa, kami mohon maaf karena mengambil karya seni Anda atas kolaborasi barang dagangan kami dengan Billie Eilish,” tulis merek fashion Siberia di Instagram. “Billie dan timnya tidak menyadari bahwa kami menggunakan karya seni Anda, mereka hanya percaya pada produk,” tambah mereka.

Selanjutnya Siberia Hills juga telah membatalkan semua produksi kolaborasi mereka dengan Billie Eilish dan akan mengembalikan semua pemesanan.

Tuduhan mencontek karya orang lain bukan hanya kali ini saja didapat Billie. Sebelumnya penyanyi 17 tahun itu juga pernah mendapat kritikan karena video klip lagunya yang berjudul “Bad Guy” dianggap meniru foto-foto Maurizio Cattelan dan majalah seni karya Pierpaolo Ferrari, Toiletpaper. Sutradara video clip tersebut juga telah mendapat tuntutan karena telah meniru karya dalam video klip lagu ‘God Is Woman” milik Ariana Grande dan “All The Stars” milik Kendrick Lamar.(eny/eny)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait