Cinta Indonesia, Elga Naldy Ciptakan Busana Usung Tenun Sengkang

  • Whatsapp


Indonesia merupakan negara yang kaya akan adat dan budaya. Selain itu Indonesia juga memiliki aneka kerajinan yang menarik serta memiliki harga jual yang tinggi di mata dunia. Salah satunya adalah kemampuan para masyarakat dalam membuat kain tenunan yang bagus dan berkualitas tinggi.

Melihat potensi yang menjanjikan tersebut, seorang fashion designer, Elga Naldy yang telah berkarya selama 10 tahun di dunia fashion Tanah Air dan internasional mencoba untuk berkolaborasi dengan seorang fashion enthusiast, Rina Saud dengan menciptakan sebuah kreasi yang luar biasa.

Sesuai dengan kecintaannya pada Indonesia, Elga mengaku lebih memfokuskan diri untuk memperkenalkan tenunan khas sebagai taget utamanya. Konsepnya kali ini mengadaptasi tenunan khas Makassar, Bugis yang bernama tenun sengkang.

“Kami lebih mengetengahkan tenun yang diutamakan tenun dari makassar, bugis. Target utamanya adalah mature woman yang berusia 30 tahun ke atas. Bahannya dibuat sekira 5 bulan dengan detail yang berat. Tenun sengkang ini benar-benar memiliki warna yang kuat dan berkarakter. Sesuai dengan saya, saya sangat suka bermain dengan warna,” tutur Elga, saat diwawancarai Okezone dalam acara Where Embroidery Meets Fashion, Kamis 2 Mei 2019.

elga naldy

Lebih lanjut, Elga pun memberikan beberapa tips kepada masyarakat yang gemar menggunakan tenunan sebagai pilihan outfit dalam acara sehari-harinya. Menurutnya, tenunan memerlukan treatmen khusus karena bahannya sangat lembut dan dibuat langsung dari tangan para pengrajin.

“Karena ini merupakan tenun tangan, kita harus berhati-hati dengan tidak dicuci tangan jadi harus dry cleaning. Warnanya juga menggunakan pewarna alam bukan chemical. Jadi gak bisa digabung dengan pakaian lain dan cara mengeringkannya pun dengan di angin-angin,” sambungnya.

elga naldy

Tak hanya tenun sengkang yang akan ditampilkan oleh Elga dalam busananya kali ini beberapa busana lain juga turut ditampilkan. Diantaranya adalah busana bertema cocktail, busana bertema ramadhan yang terdiri dari kaftan lebaran dan tunik, serta kebaya adat Jawa, dan Padang/Minang terakhir lebih ke kultur.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI



Source link

Pos terkait