Cara Mudah Cegah Flu dan Pilek pada Anak

  • Whatsapp
Cara Mudah Cegah Flu dan Pilek pada Anak
Cara Mudah Cegah Flu Dan Pilek Pada Anak

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Ilustrasi batuk pilek pada anak Foto: Thinkstock
Adanya peralihan musim dari panas ke hujan, kerap kali ditandai dengan mulai banyak orang yang menderita flu maupun pilek, tak terkecuali pada anak.

Muat Lebih

Loading...

Pasalnya, bagi anak-anak sangat rentan sekali untuk tertular, misalnya saja oleh virus flu ataupun pilek dari temannya, baik itu di sekolah ataupun di tempat bermain.

Sekalipun flu dan pilek adalah dua hal yang berbeda, tapi punya kemiripan saat menyebarkan virus, yakni dengan terhirupnya butiran air di udara (yang mengandung virus ) oleh tubuh.

Untuk mencegah anak sakit, sebaiknya ajarkan empat kebiasaan ini seperti yang dikutip dari Very Well Family.

1. Biasakan anak untuk cuci tangan

Anak cuci tangan. Foto: Thinkstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Anak cuci tangan. Foto: Thinkstock
Cara paling mudah dan cepat untuk menghindari penyakit flu mauoun pilek adalah dengan membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan baik dan benar.

Bukan hanya sebelum dan sesudah makan saja, cuci tangan sebaiknya juga dilakukan setelah anak keluar dari kamar mandi misalnya.

Dan bukan hanya asal mencuci tangan, cara mencuci tangan pun harus benar. Selain dengan air, gunakan juga sabun saat mencuci tangan dan lakukan selama 30 detik sebelum dibilas. Jangan lupa, Moms, pastikan juga anak telah mencuci tangan secara menyeluruh, tidak hanya telapak tangan namun juga jari-jari, sela-sela jari, kuku, dan punggung tangannya.

Selain ampuh untuk mencegah flu dan pilek, mencuci tangan dengan baik dan benar juga ampuh untuk mencegah penyakit-penyakit lain seperti infeksi mata misalnya.

2. Jangan menyentuh area mata dan mulut

Ilustrasi pilek karena alergi pada anak. Foto: Shutter Stock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Ilustrasi pilek karena alergi pada anak. Foto: Shutter Stock

Bila anak Anda kerap kali mengucek, menyentuh sekitar mata ataupun mulutnya, ajarkan untuk menghentikan kebiasaan tersebut, apalagi saat tangannya dalam keadaan kotor. Menyentuh anggota tubuh dengan tangan kotor bisa menjadik jalan masuknya virus penyebab penyakit.

3. Tidak meminjamkan alat makan pada teman

Buat nasi goreng yang lebih sehat untuk anak Foto: Shutterstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Buat nasi goreng yang lebih sehat untuk anak Foto: Shutterstock

Biasakan agar anak membawa sendiri alat makannya seperti sendok dan garpu serta ajarkan agar jangan meminjamkan alat makan tersebut pada teman ataupun meminjam alat makan yang sebelumnya sudah dipakai oleh teman.

Alat makan yang sebelumnya dipakai oleh orang lain, terutama yang sedang sakit bisa menjadi jalan untuk menyebarkan virus maupun bakteri.

4. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin

Tutup mulut saat batuk. Foto: Thinkstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Tutup mulut saat batuk. Foto: Thinkstock

Bukan hanya mengajarkan untuk mencegah penyebaran virus penyebab flu atau pilek, anak juga harus diajarkan untuk tidak menyebarkan penyakit tersebut pada temannya saat ia sedang sakit.

Ajarkan anak untuk menutup hidung serta mulutnya saat ia sedang batuk ataupun bersin, baik itu menggunakan tisu, sapu tangan, atau dengan lengan mereka. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah bersin ataupun batuk.

Keempat cara di atas memang terlihat mudah, namun bisa menjadi cara yang ampuh untuk mencegah penyakit pada anak. Jangan sampai anak sering bolos sekolah saat musim hujan karena sakit flu atau pilek yang sebenarnya bisa dicegah dengan mudah.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait