Bukit Wangun, Wisata Terdekat untuk Menghilangkan Penat Perkotaan

  • Whatsapp
Bukit Wangun, Wisata Terdekat untuk Menghilangkan Penat Perkotaan
Bukit Wangun, Wisata Terdekat Untuk Menghilangkan Penat Perkotaan

JAKARTA, Mantapps.com – Umumnya saat liburan akhir pekan tiba, banyak masyarakat perkotaan harus merogoh uang lebih untuk berlibur jarak jauh untuk menghilangkan penat.

Sementara yang lain juga ada yang mencari wisata yang dekat. Namun kepenatan perkotaan belum bisa dihindari karena harus berhadapan dengan kemacetan menuju tempat wisata.

Muat Lebih

Loading...

Belakangan ini muncul tempat-tempat baru yang tidak jauh dari perkotaan yang bisa menghilangkan penat dari perkotaan. Biasanya beberapa tempat tersebut tidak sengaja ditemukan, atau bekas kegiatan ladang atau pertambangan.

Salah satunya adalah Bukit Wangun yang berada di Kampung Wangun Sari, Pamyonan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Di Bukit yang lebih dikenal nama lainnya sebagai Taman Ilalang Wangun Sari ini memberikan pemandangan Kota Bogor dari sudut pandang yang berbeda.

Pada sisi lain bukit ini pun bisa melihat perdesaan yang berlatar Gunung Salak. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati sunset dan sunrise di Bogor.

Umumnya tempat wisata yang masih baru ngehits ini sering digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding dan beberapa foto model.

Tapi belakangan, mulai digandrungi anak muda-mudi untuk sekadar nongkrong atau mencari angin karena tidak jauh dari pemukiman warga, terutama saat jam pulang sekolah dan akhir pekan. Sedangkan oleh warga sekitar digunakan untuk jogging di pagi atau sore hari.

Seperti namanya, Taman Ilalang Wangun Sari ini memang dipenuhi dengan ilalang. Tapi ada beberapa spot yang tidak tertutup ilalang dan memiliki tanah yang cukup landai sehingga cocok untuk berkemah dengan gratis.

Tidak hanya ilalang, di sekililng Bukit Wangun atau Taman Ilalang ini terdapat perkebunan warga yang cukup luas.

Di atas tempat paling atas bukit terdapat gazebo kecil yang biasanya digunakan untuk berfoto-foto atau berteduh jika hujan turun.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media

Pada malam hari, tempat ini cukup sejuk terutama pada saat musim kemarau angin dingin yang cukup kencang bisa menerpa. Tapi saat gelap malam pemandangannya tidak kalah menarik untuk memandang Kota Bogor dengan kerlap-kerlip lampu kota di kejauhan.

Jika beruntung saat langitnya cukup cerah kamu bisa melihat milky way saat tengah malam.

Sayangnya, banyak sampah berserakan di tempat ini meski sudah tersedia tempat sampah di dekat gazebo.

Selain itu, banyaknya ilalang yang terlalu tinggi tumbuh dan beberapa fasilitas yang tervandalisme mengganggu pesona tempat ini.

Cara berkunjung ke tempat ini cukup mudah jika menggunakan KRL, bisa langsung menaiki kereta api dari Stasiun Bogor.

Kemudian menaiki angkot nomor 04 yang menuju Cijeruk, kemudian turun di sekitar Rumah Sakit Praktek dr. Ali Laut, Jalan Soemanta Diredja, Cijeruk dan berjalan kaki sekitar 7 menit.

Bisa juga menggunakan kereta dari Stasiun Paledang Bogor menuju Stasiun Batu Tulis dan dilanjutkan menggunakan angkot, atau menyewa motor di sekitar Stasiun Batu Tulis.

Jika berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, bisa mengarahkan pada aplikasi navigasi menuju Taman Ilalang Wangun Sari. Tidak perlu khawatir untuk akses jalannya, karena lokasi ini sudah memiliki jalan beraspal dan mudah diakses menggunakan mobil.

Lokasi Bukit Wangun juga tidak jauh dari Water Park The Jungle, dan Bogor Mini Zoo. Sehingga memungkinkan untuk bisa berkunjung ke wisata-wisata lainnya untuk mengisi akhir pekan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait